HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN DIET PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU DAN PUSKESMAS TLOGOSARI KULON KOTA SEMARANG

Nurmayanti, Lestari (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN DUKUNGAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN DIET PASIEN DIABETES MELITUS TIPE 2 DI PUSKESMAS KEDUNGMUNDU DAN PUSKESMAS TLOGOSARI KULON KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
33101900045_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Diabetes melitus (DM) tipe 2 merupakan populasi penyakit terbesar keseluruhan penderita diabetes. Ada 4 pilar utama penatalaksanaan untuk mengurangi komplikasi dan keparahan yang disebabkan oleh diabetes melitus salah satu cara yakni perencanaan makanan (diet). Kepatuhan dalam menjalani diet sangat dibutuhkan agar kadar gula darah tetap normal dan stabil. Penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan dukungan tenaga kesehatan terhadap kepatuhan diet pasien diabetes melitus tipe 2 di puskesmas Kedungmundu dan puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel penelitian diambil secara accidental sampling dengan menggunakan sampel sebanyak 200 responden pasien diabetes melitus tipe 2 di puskesmas Kedungmundu dan puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan uji Chi Square Hasil penelitian analisis hubungan menggunakan uji Chi Square menunjukkan terdapat hubungan antara pengetahuan terhadap kepatuhan diet dengan nilai p-value 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis hubungan dukungan tenaga kesehatan menunjukkan terdapat hubungan antara dukungan tenaga kesehatan terhadap kepatuhan diet dengan nilai p-value 0,000 (p < 0,05). Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan dukungan tenaga kesehatan terhadap kepatuhan diet pasien diabetes melitus tipe 2 di Puskesmas Kedungmundu dan Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang. Saran untuk peneliti selanjutnya melakukan penelitian tentang faktor lain yang mungkin berpengaruh terhadap kepatuhan diet diabetes melitus. Kata kunci : Diabetes Melitus Tipe 2, Pengetahuan, Dukungan Tenaga Kesehatan, Kepatuhan Diet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:13
Last Modified: 23 Jan 2024 06:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33307

Actions (login required)

View Item View Item