PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SDN DUKUN 1 DEMAK

Rahmawati, Atika Puji (2023) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SDN DUKUN 1 DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
34301900017_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan memiliki peran sentral dalam mewujudkan generasi penerus yang cemerlang dan tertuang dalam undang-undang. Berpikir kritis juga menjadi bagian dari salah satu tujuan Pendidikan. Penelitian iini ibertujuan iuntuk imengetahui ipengelolaan ipembelajaran idalam ipeningkatan ikemampuan iberpikir ikritis idi iSDN iDukun i1 iDemak. iPenelitian iini imenggunakan ipendekatan ikualitatif idengan ijenis ipenelitian istudi ilapangan. iHasil ipenelitian imenemukan ibahwa ipengelolaan ipendidikan iyang idilakukan ipihak isekolah imengarah ipada ipendekatan ipembelajaran iyang iberfokus ipada isiswa. iPihak isekolah imelakukan idiferensiasi iyang ididasarkan ipada ikriteria iketentuan iminimal. iPengelolaan ipembelajaran iyang idilakukan ioleh ipihak isekolah idan iterutama ipara iguru imemiliki ikesamaan idengan imetode ipembelajaran idiscovery ilearning. iIndikator ikemampuan iberpikir ikritis isiswa isecara itidak ilangsung imelalui imetode ipembelajaran itersebut, iyakni ifocus, ireason, iinference, isituation, iclarity, idan ioverview. iii Pembelajran diawali dengan pemberian stimulus atau rangsangan, kemudian dibarengi dengan problem statement dan siswa dikelompokkan berdasarkan diferensiasi sebelumnya. Setiap kelompok diberi problem statement yang berbeda-beda dan siswa melakukan pengumpulan data dan pengolahan data dari masalah yang diberikan sebelumnya. Setiap kelompok mempresentasikan hasil pengolahan mereka atau verifikasi dan diakhiri dengan guru yang memberikan kesimpulan dan pembenaran dari setiap kelompok. Kata kunci: pengelolaan pembelajaran, berpikir kritis, peran guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:18
Last Modified: 23 Jan 2024 06:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33304

Actions (login required)

View Item View Item