KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL BUNGKAM SUARA KARYA J.S. KHAIREN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN HIKAYAT DAN CERPEN KELAS X SMA (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA)

YULINA, YULINA (2023) KRITIK SOSIAL DALAM NOVEL BUNGKAM SUARA KARYA J.S. KHAIREN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN HIKAYAT DAN CERPEN KELAS X SMA (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)
[img] Text
34101900024_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kritik sosial tumbuh dan berkembang disebabkan adanya interaksi antar manusia. Penyebab lain timbulnya masalah sosial yakni tatanan sosial yang buruk dan tidak sesuai dengan kondisi masyarakat, hal ini dapat terungkap dalam sebuah karya sastra seperti novel Bungkam Suara karya J.S. Khairen. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk-bentuk kritik sosial yang terdapat dalam novel Bungkam Suara karya J.S. Khairen? (2) Bagaimana implikasi penelitian novel Bungkam Suara karya J.S. Khairen terhadap pembelajaran Hikayat dan Cerpen kelas X SMA? Metode yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dan jenis penelitian studi pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik membaca cermat, menganalisis kritik sosial, dan menganalisis implikasi terhadap pembelajaran Hikayat dan Cerpen. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa, (1) Kategori aspek kemiskinan sebanyak empat kutipan, (2) kategori aspek kejahatan sebanyak tiga kutipan, (4) kategori aspek disorganisasi keluarga sebanyak dua kutipan, (5) kategori aspek masalah generasi muda sebanyak dua kutipan, (6) kategori aspek peperangan sebanyak tiga kutipan, (7) kategori aspek pelanggaran norma masyarakat sebanyak satu kutipan, (8) kategori aspek kependudukan sebanyak satu kutipan, (9) kategori aspek Masalah lingkungan hidup sebanyak satu kutipan, (10) kategori aspek birokrani sebanyak empat kutipan, dan implikasinya ke dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA dalam bentuk Modul ajar mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X semester 1 dengan capaian umum fase E. Kata kunci: Kritik sosial, novel, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 23 Jan 2024 06:19
Last Modified: 23 Jan 2024 06:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33303

Actions (login required)

View Item View Item