ANALISIS YURUDIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PERKARA TINDAK PIDANA PENGGELAPAN (Studi Kasus Pada Perkara No. 357/PID.B./2020/PN. PKL)

SETYONO, ADI NUGROHO (2023) ANALISIS YURUDIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PERKARA TINDAK PIDANA PENGGELAPAN (Studi Kasus Pada Perkara No. 357/PID.B./2020/PN. PKL). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
20302100114_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusan pidana itu melalui proses yang panjang, perlu diketahui faktor-faktor apakah yang melandasi hakim dalam menjatuhkan putusan pidana terhadap kasus penggelapan tersebut perlu diketahui faktor-faktor apakah yang melandasi hakim dalam menjatuhkan putusan pidana terhadap pelaku penggelapan dan dasar hukum yang melandasi hakim dalam menjatuhkan putusan pidana terhadap pelaku penggelapan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan metode yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian menggunakan tipe diskriptif analitis. Sumber dan jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada putusan pengadilan No.357/PID.B./2020/PN.PKL hakim telah menimbang bahwa unsur ini telah terpenuhi dan terbukti secara sah dan meyakinkan menurut hukum. Oleh karena semua unsur dari Pasal 372 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana jo pasal 64 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana telah terpenuhi, maka Terdakwa haruslah dinyatkan telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindakan pidana Penggelapan terus menerus sebagai perbuatan yang dilanjutkan. Hakim dalam dalam memutuskan perkara o.357/PID.B./2020/PN.PKL tidak memiliki kelemahan. Hal ini karena putusan hakim telah memiliki suatu putusan yang inkracht (berkekuatan hukum tetap), putusan tersebut secara formil telah memenuhi persyaratan sesuai dengan Pasal 372 KUHP pembuktian mengenai unsur-unsur tindak pidana Penggelapan. Kata kunci: Tindak pidana, pertimbangan hakim, tindak pidana penggelapan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:06
Last Modified: 19 Jan 2024 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33269

Actions (login required)

View Item View Item