EFEKTIVITAS PERAN POSBAKUM DALAM PELAKSANAAN BANTUAN HUKUM PERKARA PIDANA KEPADA MASYARAKAT KURANG MAMPU (Kasus Posbakum Pekalongan)

SOEBAGYO, SOEGENG ARI (2023) EFEKTIVITAS PERAN POSBAKUM DALAM PELAKSANAAN BANTUAN HUKUM PERKARA PIDANA KEPADA MASYARAKAT KURANG MAMPU (Kasus Posbakum Pekalongan). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
20302100115_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengadilan Negeri Pekalongan yang berada di wilayah hukum Pekalongan merupakan tempat bagi masyarakat untuk mencari keadilan hukum bagi mereka yang sedang menjalani proses hukum. Pengadilan Negeri Pekalongan menyediakan fasilitas pelayanan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu. Salah satu fasilitas pelayanan hukum yang disediakan adalah Posbakum. Posbakum sendiri dapat digunakan untuk masyarakat miskin yang berhak mendapatkan bantuan hukum gratis tanpa biaya pengadilan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini. Metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Posbakum dalam menyelesaikan perkara pidana di Pengadilan Negeri Pekalongan adalah memberikan informasi, konsultasi atau nasihat hukum yang tidak sampai pada tahap mendampingi atau mewakili di ruang sidang, membuat dokumen yang diperlukan bagi pemohon jasa Posbakum yang tidak mampu dan memberikan informasi daftar organisasi bantuan hukum yang dapat memberikan bantuan hukum gratis (prodeo). Kelemahan Posbakum Pengadilan Negeri Pekalongan adalah keluarga tergugat sulit ditemukan untuk meminta surat keterangan tidak mampu dan pengetahuan masyarakat tentang fasilitas bantuan hukum masih rendah. Efektifitas Posbakum di Pengadilan Negeri Pekalongan memberikan amanat bahwa melaksanakan tugas Posbakum di Pengadilan Negeri Pekalongan cukup memiliki kapasitas yang baik. Kata kunci: Posbakum, bantuan hukum, masyarakat kurang mampu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2024 07:06
Last Modified: 19 Jan 2024 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33268

Actions (login required)

View Item View Item