PENERAPAN SANKSI PIDANA DALAM PENANGANAN KASUS TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK DIDIK (Studi Putusan Perkara Nomor : 194/Pid.Sus/2022/PN.Btg)

MAULANA, MUCHAMAD HISYAM (2023) PENERAPAN SANKSI PIDANA DALAM PENANGANAN KASUS TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK DIDIK (Studi Putusan Perkara Nomor : 194/Pid.Sus/2022/PN.Btg). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
20302100181_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak dianggap sebagai aset berharga bagi sebuah bangsa, merupakan generasi penerus yang memerlukan perlindungan dan jaminan kesejahteraan. Pentingnya peran anak dalam pembangunan negara tercermin dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 alinea ke-4, yang menegaskan tujuan negara Indonesia untuk "melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia." Dalam konteks perlindungan anak, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak menyatakan bahwa anak, sebagai tunas, potensi, dan generasi muda penerus cita-cita perjuangan bangsa, memiliki peran strategis dengan ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dari segala bentuk perlakuan tidak manusiawi yang dapat mengakibatkan pelanggaran hak asasi manusia. Oleh karena itu, perlindungan hukum dan pemenuhan hak-hak korban pencabulan dianggap sebagai suatu keharusan yang mendesak. Penelitian ini mengusung metode penelitian kualitatif, dengan mendalam menganalisis putusan pengadilan nomor 194/Pid.Sus/2022/PN.Btg. yang menangani kasus tindak pidana pencabulan yang dilakukan oleh seorang guru terhadap anak didiknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlindungan hukum bagi anak yang menjadi korban pencabulan oleh guru diatur dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014, sebagai perubahan dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Penelitian ini juga mengungkap dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana yang memaksa anak melakukan perbuatan cabul. Analisis ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang kerangka perlindungan hukum, terutama dalam konteks hubungan antara guru dan anak didik. Temuan ini diharapkan dapat memberikan sumbangan signifikan untuk memperbaiki kebijakan dan implementasi hukum guna lebih efektif melindungi hak-hak anak dalam kasus pencabulan. Kata Kunci: Sanksi, Tindak Pidana, Pencabulan, Anak Didik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2024 06:37
Last Modified: 19 Jan 2024 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33259

Actions (login required)

View Item View Item