KEBIJAKAN PERANAN BARANG BUKTI TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN DALAM PENYELESAIAN PERKARA PEMBUNUHAN DI PENGADILAN NEGERI SEMARANG (STUDI PUTUSAN NO.385/Pid.B/2022/PN SMG)

Fitriani, Tasya Hesti (2023) KEBIJAKAN PERANAN BARANG BUKTI TERHADAP PUTUSAN PENGADILAN DALAM PENYELESAIAN PERKARA PEMBUNUHAN DI PENGADILAN NEGERI SEMARANG (STUDI PUTUSAN NO.385/Pid.B/2022/PN SMG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000470_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000470_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa peranan barang bukti dalam penyelesaian perkara pembunuhan di pengadilan Negeri Semarang dalam Putusan No.385/Pid.B/2022/PN SMG dan bagaimana peranan barang bukti dalam penyelesaian perkara tindak pidana pembunuhan dalam hukum positif yang akan datang. Penelitian ini menggunakan metode normatif, penulis mendapatkan data- data penelitian ini melalui studi pustaka dengan membaca, menelaah dan mengutip peraturan perundang-undangan, buku dan jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Dalam hasil penelitian ini menunjukan bahwa barang bukti dalam penyelesaian tindak pidana pembunuhan di Pengadilan Negeri Semarang mempunyai peranan yang sangat penting dan bermakna dalam menunjang upaya pembuktian di persidangan, serta dalam pemantapan keyakinan terdakwa oleh penuntut umum, serta dapat membentuk dan memperkuat keyakinan hakim atas kesalahan terdakwa. Oleh karena itu, penuntut harus berusaha semaksimal mungkin untuk menghadirkan bukti-bukti yang selengkap-lengkapnya selama persidangan. Barang bukti sangat penting bagi hakim untuk mencari dan mengetahui kebenaran materil mengenai perkara yang sedang diselesaikan atau dipertimbangkannya. Barang bukti dan alat bukti merupakan suatu mata rantai yang tidak dapat dipisahkan. Barang bukti dalam hukum positif yang akan datang memiliki peran yang cukup penting juga karena barang bukti adalah elemen yang mendukung proses penyelidikan, penuntutan dan pembuktian dalam suatu perkara pidana. Kata kunci: Peranan Barang Bukti, Perkara Pidana, Pembunuhan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:09
Last Modified: 18 Jan 2024 06:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33208

Actions (login required)

View Item View Item