TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN ATAS KETIDAKJELASAN LABEL DAN IKLAN DARING BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Puspita, Shofiyyah Zahra (2023) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA TERHADAP KONSUMEN ATAS KETIDAKJELASAN LABEL DAN IKLAN DARING BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000354_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000354_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)

Abstract

Tanggung jawab pelaku usaha terhadap konsumen karena pengaruh label dan iklan secara online berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dapat terlaksana dengan baik jika pelaku usaha menyadari tanggung jawabnya dan memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu yang pertama, untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap konsumen karena pengaruh label dan iklan secara Online berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Dan kedua, untuk mengetahui tanggungjawab pelaku usaha terhadap konsumen karena pengaruh label dan iklan secara Online berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Untuk mencapai tujuan, penulis menggunakan metode penelitian yang bersifat yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu bahan baku primer yaitu perundang-undangan, dan bahan baku sekunder yaitu berupa literatur-literatur. Hasil dari penelitian adalah pertama, Tanggung jawab pelaku usaha terhadap kerugian konsumen adalah dengan memberikan ganti rugi atas kerusakan, pencemaran, dan atau kerugian konsumen akibat mengkonsumsi barang dan atau jasa yang dihasilkan atau diperdagangkan. Pembayaran pengganti kerugian merupakan tanggung jawab paling utama dari pelaku usaha. Kedua, beberapa hambatan muncul seiring dengan perkembangan teknologi dan transformasi digital, dan solusi dari hambatan tersebut memerlukan penyesuain hukum untuk melindungi konsumen secara efektif. Tanggung Jawab – Pelaku Usaha – Perlindungan Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:13
Last Modified: 18 Jan 2024 06:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33202

Actions (login required)

View Item View Item