PERAN PENYIDIK DALAM PENANGANAN KECELAKAAN LALU LINTAS AKIBAT KELALAIAN PENGEMUDI SEPEDA MOTOR YANG MENYEBABKAN KORBAN MENINGGAL DUNIA ( Studi Kasus di Polres Kajen Kabupaten Pekalongan)

RAMADHANI, SHELLY NOVIA (2023) PERAN PENYIDIK DALAM PENANGANAN KECELAKAAN LALU LINTAS AKIBAT KELALAIAN PENGEMUDI SEPEDA MOTOR YANG MENYEBABKAN KORBAN MENINGGAL DUNIA ( Studi Kasus di Polres Kajen Kabupaten Pekalongan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000353_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000353_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan perbuatan yang dapat diancam dengan pidana penjara. Namun, pada prakteknya tidak semua tindak pidana kecelakaan lalu lintas diselesaikan melalui jalur peradilan. Di sini peran penyidik adalah mengungkap kronologis kejadian, menemukan penyebab kejadian, menemukan apakah kasus tersebut akan dilanjutkan ataukah akan diselesaikan berdasarkan keadilan restoratif. Kelalaian merupakan salah satu bentuk kesalahan yang timbul karena pelakunya tidak memenuhi standar prilaku yang telah ditentukan menurut undang-undang, kelalaian itu terjadi dikarenakan perilaku orang itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran penyidik terhadap kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian pengemudi sepeda motor yang menyebabkan korban meninggal dunia di Satlantas Polres Kabaputen Pekalongan, faktor-faktor yang mempengaruhi peran penyidik dalam penanganan kasus kecelakaan lalu lintas di Satlantas Polres Kabupaten Pekalongan. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis, spesifikasi penelitian deskriptif analisis. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data adalah studi lapangan dan studi kepustakaan. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dan penelitian ini adalah teori penegakan hukum dan teori penanggulangan kejahatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penyidik terhadap kecelakaan lalu lintas akibat kelalaian yang mengakibatkan korban meninggal dunia di Satlantas Polres Kabupaten Pekalongan adalah melakukan oleh TKP, mengupayakan penyelesaian perkara kecelakaan lalu lintas berdasarkan keadilan restoratif, melanjutkan proses penyidikan. Kendala yang di adalah tidak adanya saksi ditempat kejadian, tahap pemanggilan atau menghadirkan saksi, dan faktor kurangnya pengetahuan hukum. Solusi untuk menangani tidak adanya saksi ditempat kejadian adalah polres kajen mengupayakan untuk pemasangan CCTV disudut-sudut yang tidak terjangkau dan penerangan lampu jalan guna untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Solusi jika saksi tidak hadir adalah penyidik melakukan koordinasi untuk perubahan waktu dan apabila sakit maka saksi tersebut diwajibkan untuk mengirimkan surat dokter. Solusi bagi kurangnya pengethuan hukum adalah penyidik melakukan edukasi tentang tata cara berlalu lintas pada masyarakat dan pelajar. Kata kunci: peran, penyidik, kecelakaan lalu lintas, kelalaian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Jan 2024 06:08
Last Modified: 18 Jan 2024 06:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33201

Actions (login required)

View Item View Item