PERAN KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR DI DAERAH KALIWUNGU ( Studi Kasus di Sektor Kaliwungu )

Mujayadi, Sabhitha Iffat (2023) PERAN KEPOLISIAN DALAM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCURIAN KENDARAAN BERMOTOR DI DAERAH KALIWUNGU ( Studi Kasus di Sektor Kaliwungu ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000352_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000352_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Peran Kepolisian Dalam Penanggulangan Tindak Pidana Pencurian Kendaraan Bermotor Di Daerah Kaliwungu (Studi Kasus Di Sektor Kaliwungu)”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran kepolisian dalam penanggulangan tindak pidana pencurian kendaraan bermoto dan kendala apa yang dihadapi oleh aparat Kepolisian dalam penanggulangan kejahatan pencurian kendaraan bermotor serta bagaimana solusinya. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu yuridis sosiologis dengan spesifikasi penelitian analisis deskriptif. Sumber data adalah data primer yang diperoleh dengan cara wawancara dengan pihak Kepolisian Sektor Kaliwungu dan data sekunder diperoleh dengan cara studi pustaka. Analisis data penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa dalam hal penanggulangan tindak pidana pencurian bermotor, Polsek Kaliwung melakukan pengamanan terpadu bersama masyarakat, peningkatan kinerja kepolisian, pemasangan spanduk himbauan, penyuluhan kepada masyarakat, penyuluhan kepada para juru parkir, peningkatan kinerja Reskrim dalam penyelidikan dan penyidikan serta pengawasan terhadap residivis, dan kerja sama dengan pemerintah. Kendala yang dihadapi oleh aparat kepolisian dalam menanggulangi kejahatan pencurian kendaraan bermotor diantaranya faktor masyarakat, faktor barang bukti, faktor pelaku terorganisir, dan faktor modus operandi. Adapun solusi yang dilakukan oleh Polsek Kaliwungu dalam mengatasi hambatan tersebut diantaranya menentukan titik-titik rawan, mempelajari modus operandi, melakukan razia secara rutin, dan mengajak masyarakat untuk turut aktif berpartisipasi dalam penanggulangan kejahatan pencurian kendaraan bermotor, dan melakukan penyidikan serta penahanan di Polsek bagi pelaku pencurian kendaraan bermotor. Kata Kunci: hambatan, pencurian kendaraan bermotor, peran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:49
Last Modified: 18 Jan 2024 02:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33200

Actions (login required)

View Item View Item