TINJAUAN YURIDIS NORMATIF PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PIDANA PENADAHAN PENCURIAN ROKOK DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Kasus Putusan Nomor 15/Pid.B/2023/PN.PWD)

Wulandari, Oryza Zativa (2023) TINJAUAN YURIDIS NORMATIF PERTIMBANGAN HAKIM DALAM PENJATUHAN PIDANA PENADAHAN PENCURIAN ROKOK DI KABUPATEN GROBOGAN (Studi Kasus Putusan Nomor 15/Pid.B/2023/PN.PWD). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000252_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000252_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)

Abstract

Tindak pidana penadahan adalah tindakan ilegal yang melibatkan penerimaan, pembelian, penjualan, penyewaan, penggadaian, atau penyimpanan barang yang diketahui berasal dari tindakan kejahatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan yuridis terhadap tindak pidana penadahan pencurian rokok, pertimbangan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Purwodadi dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana penadahan pencurian rokok. Metode penelitian yang digunakan dalam Penulisan karya ilmiah ini adalah metode pendekatan yuridis normatif. Penelitian yuridis normatif biasa disebut dengan penelitian hukum doktrinal karena penelitian ini dilakukan atau ditujukan hanya kepada peraturan yang tertulis dan bahan hukum yang lain. Penelitian ini juga disebut sebagai penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa 1). Kategori tindak pidana penadahan pencurian rokok diatur dalam pasal 480 ayat (1) Terdakwa telah memenuhi unsur-unsur yang termuat dalam pasal 480 ayat (1) KUHP yaitu unsur “barangsiapa”, unsur “membeli, menyewa, menukar, menerima gadai, menerima hadiah, atau untuk menarik keuntungan, menjual, menyewakan, menukarkan, menggadaikan, mengangkut, menyimpan, atau menyembunyikan sesuatu benda”, dan unsur “yang diketahui atau sepatutnya harus diduga bahwa diperoleh dari kejahatan penadahan”. 2). Pertimbangan majelis hakim PN Purwodadi dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana penadahan pencurian rokok di Kabupaten Grobogan sudah sesuai dalam pasal 480 ayat (1) KUHP dikarenakan tindak pidana tersebut telah memenuhi unsur-unsur yang termuat dalam pasal tersebut. Dalam putusan hakim hukuman yang diberikan yaitu pidana 8 (delapan) bulan penjara dinilai sudah tepat karena sudah sesuai dengan minimal hukuman dalam Pasal 480 ayat (1) KUHAP dengan mempertimbangkan kronologi kejadian, keterangan saksi ahli, barang bukti, hal yang memberatkan serta meringankan Terdakwa. Kata Kunci : Tindak Pidana, Penadahan, Putusan Hakim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Jan 2024 02:22
Last Modified: 18 Jan 2024 02:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33163

Actions (login required)

View Item View Item