PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2021)

Anwar, Ahmad Rois (2023) PENGARUH CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN LEVERAGE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Perusahaan Consumer Goods yang Terdaftar di BEI Tahun 2017-2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Manajemen_30401800012_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30401800012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh corporate governance yaitu manajerial ownership, komite audit dan independent komisaris terhadap nilai Perusahaan dengan leverage sebagai variabel intervening. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan yang dipublikasi tahunan dari tahun 2017 sampai 2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria sampling diperoleh sampel 95 perusahaan. Teknik analisis data menggunakan regresi data panel dengan bantuan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel manajerial ownership berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap nilai Perusahaan. Independent komisaris berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Manajerial ownership berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap leverage. Variabel komite audit dan independent komisaris berpengaruh negatif dan signifikan terhadap leverage. Variabel leverage berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Serta Leverage belum mampu memediasi hubungan manajerial ownersip, komite audit dan independent komisaris terhadap nilai Perusahaan. Kata Kunci: Manajerial Ownership, Komite Audit, Independent komisaris, Leverage dan Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2024 07:33
Last Modified: 17 Jan 2024 07:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33149

Actions (login required)

View Item View Item