ANALISIS YURIDIS AKIBAT HUKUM PERJANJIAN PERKAWINAN YANG DIBUAT PASCA PERKAWINAN (Studi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 69/PUU-XIII/2015)

Ibrohim, Muhammad Hasan (2023) ANALISIS YURIDIS AKIBAT HUKUM PERJANJIAN PERKAWINAN YANG DIBUAT PASCA PERKAWINAN (Studi Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 69/PUU-XIII/2015). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000206_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000206_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)

Abstract

Perkawinan adalah ikatan antara seorang pria dan seorang wanita untuk membentuk keluarga yang bahagia dan abadi. Meskipun hukum perkawinan diatur dalam undang-undang, masalah sering timbul terkait dengan harta dalam perkawinan, yang mengakibatkan praktik pembuatan perjanjian perkawinan. Praktik ini melibatkan perjanjian yang dibuat pasca perkawinan berlangsung, dan perubahan ini mencakup proses pencatatan dalam akta perkawinan dan dampaknya pada pihak ketiga. Dengan demikian, hal ini menjadi alasan penulis untuk meneliti Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 69/PUU-XIII/2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum yuridis normatif dengan pendekatan perundang-undangan (Statue Approach) dan pendekatan kasus (Case Approach). Data yang digunakan mencakup sumber data primer, sekunder, dan tersier. Metode pengumpulan data dilakukan dengan Studi Pustaka yang berkaitan dengan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 69/PUU-XIII/2015. Hasil analisis menunjukkan bahwa KUHPerdata yang ada tidak mengatur pembuatan perjanjian perkawinan pasca perkawinan berlangsung. Selain itu, pengaturan perjanjian perkawinan pasca putusan Mahkamah Konstitusi, perjanjian tersebut sah dan mengikat bagi kedua belah pihak serta pihak ketiga terkait. Akibat hukum dari pembuatan perjanjian perkawinan berdasarkan Putusan Mahkamah Konstitusi adalah terhadap status harta bersama yang dapat dipisahkan jika diinginkan oleh kedua belah pihak, dalam perjanjian tersebut berlaku sah dan mengikat pihak ketiga. Kata Kunci : Perkawinan, Perjanjian Perkawinan, Perjanjian Pasca Perkawinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:19
Last Modified: 17 Jan 2024 06:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33144

Actions (login required)

View Item View Item