PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK KONSUMEN DALAM PEMBELIAN TIKET KONSER MELALUI PIHAK KETIGA YANG BERITIKAD BURUK (Studi Kasus Pada Konsumen Pembelian Tiket Konser Melalui Pihak Ketiga yang beritikad buruk)

AFISHA, MAULINA MAUDY (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP HAK KONSUMEN DALAM PEMBELIAN TIKET KONSER MELALUI PIHAK KETIGA YANG BERITIKAD BURUK (Studi Kasus Pada Konsumen Pembelian Tiket Konser Melalui Pihak Ketiga yang beritikad buruk). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000179_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000179_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)

Abstract

Teknologi dan informasi telah mempercepat perkembangan perekonomian dengan menghasilkan barang dan jasa. Meskipun konsumen memiliki banyak pilihan, fenomena ini dapat menciptakan ketidak seimbangan dimana produsen memanfaatkan strategi pemasaran untuk mencapai keuntungan maksimal. Perlindungan hukum terhadap hak konsumen,Tanggung jawab pihak ketiga yang tidak beritikad baik dalam pembelian tiket bedasarkan asas perlindungan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode Pendekatan yuridis sosiologis, yuridis ialah pendekatan yang menggunakan asas dan prinsip hukum yang bedasarkan peraturan tertulis, sosiologis merupakan pendekatan yang berusaha menggali informasi yang ada di dalam masyarakat dengan melakukan wawancara. Penyelesaian sengketa konsumen dapat dilakukan melalui jalur di luar pengadilan (non litigasi) atau melalui jalur pengadilan (litigasi). Penyelesaian melalui jalur non litigasi melibatkan Badan Mediasi Sengketa Konsumen (BPSK) yang menggunakan mediasi, konsiliasi, dan arbitrase. Jalur pengadilan memberikan kepastian hukum yang lebih besar, dengan putusan hakim yang mengikat dan harus dilaksanakan.Tanggung jawab pihak ketiga yang beritikad buruk dalam penjualan tiket konser adalah sesuai dengan asas perlindungan konsumen, termasuk asas manfaat, keadilan, keseimbangan, keamanan, dan keselamatan konsumen. Pihak ketiga harus memberikan informasi yang jelas tentang harga tiket, biaya tambahan, dan ketentuan pembelian tiket. Kata kunci:Perlindungan Konsumen, Pembelian Tiket Konser.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:24
Last Modified: 17 Jan 2024 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33141

Actions (login required)

View Item View Item