injauan Yuridis Pertimbangan Hakim Dalam Perkara Tindak Pidana Khusus Penyalahgunaan Bahan Peledak (Studi Kasus Putusan Nomor : 43/Pid.Sus/2023/PN.Pwd)

WARDHANI, KHARISMA KUSUMA (2023) injauan Yuridis Pertimbangan Hakim Dalam Perkara Tindak Pidana Khusus Penyalahgunaan Bahan Peledak (Studi Kasus Putusan Nomor : 43/Pid.Sus/2023/PN.Pwd). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000168_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000168_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)

Abstract

Tindak pidana bahan peledak merujuk kepada suatu zat dalam bentuk padat, cair, gas, atau campuran keduanya. Ketika zat ini terpapar pada suatu aksi, seperti pemanasan, akan menghasilkan respons yang mengakibatkan terjadinya ledakan. Dalam situasi ini, UU yang berlaku adalah UU No.12 Tahun 1951, yang telah berusia lebih dari tujuh puluh tahun tanpa mengalami perubahan yang berarti. Penulisan ini bertujuan untuk memahami pertimbangan hakim dalam menentukan hukuman dalam kasus penyalahgunaan bahan peledak dan untuk meningkatkan pemahaman penulis, terutama dalam bidang hukum pidana, mengenai penerapan sanksi pidana berdasarkan keputusan hakim dalam kasus penyalahgunaan bahan peledak. Penelitian ini memakai metode pendekatan penilitian Yuridis Sosiologis yang memiliki makna sebagai ilmu hukum sosiologis atau teori hukum yang menitik beratkan pada studi mengenai bekerjanya hukum secara jelas dalam suatu khalayak tertentu. Sumber data penelitian ini menggunakan hasil surat putusan dari Pengadilan Negeri Purwodadi. Teknik pengumpulan data menggunakan proses tanya jawab dengan hakim di Pengadilan Negeri Purwodadi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan oleh penulis mencakup dua aspek utama. Pertama, adalah evaluasi terhadap pertimbangan hakim dalam kasus no. 43/pid.sus/2023/pn.pwd mengenai penyalahgunaan bahan peledak. Kedua, melibatkan analisis tentang pelaksanaan sanksi pidana berdasarkan keputusan hakim pada kasus no. 43/pid.sus/2023/pn.pwd yang berhubungan dengan penyalahgunaan bahan peledak. Dalam mengambil keputusan terkait kasus ini, hakim mempertimbangkan faktor-faktor yuridis dan sosiologis guna memastikan keadilan dan kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku. Kata kunci : tindak pidana, penyalahgunaan, bahan peledak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2024 06:20
Last Modified: 17 Jan 2024 06:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33136

Actions (login required)

View Item View Item