PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 – 2022)

Ramaputri, Nabilla (2023) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018 – 2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401900239_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900239_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Ukuran Perusahaan dan Likuiditas terhadap Kebijakan Deviden dengan Variabel Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating pada perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2021. Variabel Ukuran Perusahaa dalam penelitian ini diproksikan dengan Logaritma Natura dari Total Asset (LNTA), Likuiditas dalam penelitian ini diproksikan dengan Loan to Deposit Ratio (LDR), profitabilitas dalam penelitian ini diproksi dengan Return On Asset (ROA), dan variabel terikat Kebijakan Deviden diproksi dengan Deviden Payout Ratio (DPR). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan sampel sebanyak 11 perusahaan Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama 6 tahun yaitu pada periode 2017 - 2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier MRA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (a) LNTA berpengaruh positif terhadap Kebijakan Deviden. Maka semakin tinggi Asset yang dimiliki Perusahaan maka semakin tinggi kemungkinan perusahaan membagikan devidennya (b) LDR berpengaruh negatif terhadap Kebijakan deviden. Maka semakin tinggi pinjaman yang dimiliki perusahaan semakin rendah kemungkinan perusahaan membagikan devidennya.; (c) Profitabilitas dapat memperkuat pengaruh Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Deviden. Hal ini berarti perusahaan dengan jumlah asset yang besar akan cenderung rutin membagikan devidennya pada para pemegang saham saat perusahaan dapat memanfaatkan asset tersebut untuk mendapatkan laba. (d) Profitabilitas tidak dapat memperkuat pengaruh Likuiditas terhadap Kebijakan Deviden. Hal ini berarti saat perusahaan memiliki jumlah pinjaman yang besar, perusahaan akan mendapatkan laba lebih tinggi sehingga perusahaan akan memilih untuk menjadikan keuntungan sebagai modal pinjaman dari pada dibagikan sebagai deviden. Kata Kunci : Total Aset, Loan to Deposit Ratio, return on asset, Deviden Payout Ratio

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:11
Last Modified: 17 Jan 2024 03:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33115

Actions (login required)

View Item View Item