DAMPAK PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH

Azizah, Salma Nur (2023) DAMPAK PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH DAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP KINERJA INSTANSI PEMERINTAH DAERAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401800156_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31401800156_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem akuntansi keuangan daerah dan akuntabilitas laporan keuangan terhadap kinerja instansi pemerintah daerah pada SKPD Kota Semarang. Populasi dalam penelitian ini yakni pegawai SKPD Kota Semarang sebanyak 115 orang dan sampel sebanyak 90 orang menggunakan teknik purposive sampling yang sesuai dengan kriteria sampel. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan explanatory research, serta jenis data yang digunakan yakni data primer dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner pada lokasi penelitian yang telah ditentukan. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji kualitas data dengan menggunakan software SPSS Statistic 26. Hasil dari seluruh uji kualitas data yakni menghasilkan data yang valid serta reliabel, hasil dari uji asumsi klasik dengan data yang dipakai dalam penelitian ini yakni semua variabel telah dinyatakan tidak adanya multikolinieritas serta dalam penelitian ini sudah berdistribusi normal. Pada hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan sistem akuntansi keuangan daerah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja instansi pemerintah daerah, sedangkan untuk akuntabilitas laporan keuangan memberikan pengaruh positif signifikan terhadap kinerja instansi pemerintah daerah. Kata kunci : Sistem akuntansi keuangan daerah, akuntabilitas laporan keuangan, kinerja instansi pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:18
Last Modified: 17 Jan 2024 02:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33101

Actions (login required)

View Item View Item