PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PELATIHAN AKUNTANSI, TINGKAT PENDIDIKAN, SKALA USAHA DAN PENGALAMAN USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM (STUDI KASUS PADA PELAKU UMKM KOTA SEMARANG)

Hidayati, Novita Tri (2023) PENGARUH PENGETAHUAN AKUNTANSI, PELATIHAN AKUNTANSI, TINGKAT PENDIDIKAN, SKALA USAHA DAN PENGALAMAN USAHA TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI PADA UMKM (STUDI KASUS PADA PELAKU UMKM KOTA SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401800126_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401800126_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia di topang dengan salah satunya adalah usaha makro kecil dan menengah (UMKM). UMKM penting dalam kegiatan usaha yang mampu meperluas lapangan kerja, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat dan memberikan pengaruh besar bagi pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan kontribusi positif baik secara makro maupun mikro yaitu dengan terserapnya angkatan kerja, meningkatkan serta pertumbuhan investasi. Judul penelitian Pengaruh Pengetahuan Akuntansi, Pelatihan Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Skala Usaha dan Pengalaman Usaha Terhadap Penggunaan Informasi Akuntansi Pada UMKM. Jenis penelitian kuantitatif, data primer, populasi pelaku UMKM di kota Semarang, sampel 100 responden. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan software SmartPLS 3.0. Analisis penilaian outer model (Measurement Model) dengan uji validitas dan reliabilitas, Inner model dengan koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan t-statistics dan p-values. Hasil pengolahan outer model dengan data validitas diatas 0,7 dan data reliabilitas diatas 0,7, AVE 0,5. Inner model dengan koefisien determinasi memiliki pengaruh sebesar 0,241 atau 24,1%. Uji hipotesis dengan t-statistics diatas 1,96 dan P-Values dibawah 0,05 menunjukkan pengetahuan akuntansi dan pengalaman usaha berpengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM, sedangkan pelatihan akuntansi, tingkat Pendidikan dan skala usaha berpengaruh negatif terhadap penggunaan informasi akuntansi pada UMKM. Kata Kunci: Pengetahuan Akuntansi, Pelatihan Akuntansi, Tingkat Pendidikan, Skala Usaha, Pengalaman Usaha, UMKM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2024 02:16
Last Modified: 17 Jan 2024 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33099

Actions (login required)

View Item View Item