PENGARUH MAQASHID SYARIAH, UKURAN DEWAN KOMISARIS, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi kasus bank Umum Syariah yang terdaftar di BI tahun 2017-2020)

Aldi, Rizky Ibror (2023) PENGARUH MAQASHID SYARIAH, UKURAN DEWAN KOMISARIS, UKURAN PERUSAHAAN DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (Studi kasus bank Umum Syariah yang terdaftar di BI tahun 2017-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401700142_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401700142_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR) merupakan tolok ukur pelaporan kinerja sosial perusahaan berbasis islami. ICSR dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan investor muslim dalam memilih saham syariah. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Maqashid Syariah, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perushaan terhadap pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility (ICSR). Maqashid Syariah diproksi dengan bobot rata-rata variabel naqashid indeks, Ukuran dewan komisaris dilihat dari jumlah komisaris yang ada di perusahaan, Ukuran perusahaan dapat diukur dengan menggunakan logaritma natural dari total aset perusahaan, sedangkan Umur Perusahaan dapat dihitung dari sejak berdirinya perusahaan tersebut sampai akhir tahun annual report. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian eksplanatori dan diperoleh 56 sampel dari 14 perusahaan di Bursa Efek Indonesia (selama periode 2017-2020). Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa nilai koefisien determinansi (R2 ) Sebesar 0,188 yang berarti variable independen ini mempengaruhi variable dependen sebesar 18,8% dan sisanya 81,2% yang dipengaruhi variable diluar penelitian ini. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa secara simultan variabel Maqashid Syariah, Ukuran Perusahaan, dan Umur Perushaan berperngaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan ICSR, sedangkan Ukuran Dewan Komisaris yang berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan ICSR Kata Kunci: Pengungkapan ICSR, Maqashid Syariah, Ukuran Dewan Komisaris, Ukuran Perusahaan, Umur Perushaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:39
Last Modified: 17 Jan 2024 01:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33088

Actions (login required)

View Item View Item