PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, PERSONAL COST DAN RELIGIUSITAS TERHADAP NIAT MELAKUKAN WHISTLEBLOWING (Studi pada Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY)

Ambarwati, Arum (2023) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, PERSONAL COST DAN RELIGIUSITAS TERHADAP NIAT MELAKUKAN WHISTLEBLOWING (Studi pada Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 3 Jawa Tengah dan DIY). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31401606611_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31401606611_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Whistleblowing merupakan suatu sistem yang tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh anggota organisasi maupun masyarakat untuk menyampaikan apa yang diketahui, dirasakan, dialami maupun rasa kepekaannya terhadap hal-hal terkait perilaku, tindak fraud atau korupsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Komitmen Organisasi, Personal Cost dan Religiusitas terhadap niat melakukan whistleblowing. Jenis penelitian kuantitatif, data primer. Populasi pengawas Otoritas Jasa Keuangan dengan teknik metode purposive sampling ada 120 responden. Uji Kualitas Data (Uji Validitas dan Reliabilitas), Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas dan Uji Multikolinearisitas). Metode analisis adalah analisis regresi linear berganda Uji Hipotesis (Uji t, Uji F dan Uji R Square (R2). Hasil uji validitas dan reliabilitas valid dan reliabel, hasil uji asumsi klasik normal dan tidak terjadi multikolineraritas. Hasil uji t dengan signifikansi 5% menunjukkan variabel Komitmen Organisasi dan Religiusitas berpengaruh secara signifikan terhadap Niat Melakukan Whistleblowing, t hitung sebesar 4,128 dan 1,923 serta nilai signifikansi sebesar 0,000 dan 0,003. Personal Cost tidak berpengaruh signifikan terhadap Niat Melakukan Whistleblowing, t hitung sebesar 1,923 dan nilai signifikansi sebesar 0,059. Hasil pengujian regresi (uji F) didapatkan pengaruh yang signifikan antara komitmen organisasi, personal cost dan religiusitas secara bersama-sama terhadap niat melakukan whistleblowing, nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai R square sebesar 0,455 dapat diartikan niat melakukan whistleblowing dipengaruhi oleh komitmen organisasi, personal cost dan religiusitas sebesar 45,5% dan sisanya sebesar 54,5% dipengaruhi variabel lain. Kata Kunci: whistleblowing, komitmen organisasi, personal cost, religiusitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:38
Last Modified: 17 Jan 2024 01:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33087

Actions (login required)

View Item View Item