TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DRIVER GO-JEK TERKAIT PEMBATALAN PEMESANAN GO-FOOD OLEH KONSUMEN (STUDI KASUS DI PT.GOJEK SEMARANG)

Alam, Daffa Fahri (2023) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PERLINDUNGAN HUKUM BAGI DRIVER GO-JEK TERKAIT PEMBATALAN PEMESANAN GO-FOOD OLEH KONSUMEN (STUDI KASUS DI PT.GOJEK SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302000088_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302000088_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)

Abstract

Permasalahan yang timbul pada penggunaan aplikasi ojek online untuk membeli makanan dan minuman sangat beragam, pembatalan secara sepihak yang dilakukan konsumen yaitu konsumen memesan jasa dari Go-food lalu konsumen tersebut membatalkan pesanan tersebut secara tiba – tiba. Ini menjadi pokok permasalahan, jadi jika menyangkut masalah perdata, akan dimasukkan dalam pasal, wanprestasi. Berkenaan dengan permasalahan tersebut, perlu adanya kajian untuk mengetahui makna hukum pembatalan kontrak pemesanan makanan dan minuman menggunakan aplikasi pemesanan ojek online. Penelitian ini memakai metode yuridis sosiologis dengan melakukan studi lapangan secara langsung terhadap objek maupun subjek yang diteliti. Tujuannya ialah untuk dapat mengetahui realita yang terjadi di tengah masyarakat. Metode ini juga digunakan untuk mempermudah peneliti dalam melakukan analisis untuk mengetahui solusi ataupun penyelesaian masalah serta hambatan yang kerap dihadapi oleh driver terkait pembatalan pesanan secara sepihak oleh konsumen. Namun terdapat solusi untuk menghindari kerugian bagi driver yaitu dengan melaporkan kepada platform pengelola aplikasi pesanan resmi bahwa konsumen membatalkan pesanan secara sepihak, kemudian driver dapat memperoleh pengembalian dana menurut jumlah digunakan untuk pembelian makanan dan/atau minuman. Kata kunci : perlindungan hukum, driver Go-jek, pembatalan pesanan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:05
Last Modified: 16 Jan 2024 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33073

Actions (login required)

View Item View Item