ANALISIS BEBAN KERJA FISIK dan BEBAN KERJA MENTAL DENGAN METODE CARDIOVASCULAR LOAD dan METODE DEFERENCE RESEARCH AGENCY WORKLOAD SCALE PADA DEPARTEMEN PRODUKSI CV. UNICO INDONESIA

SURYANTI, RATNA DWI (2023) ANALISIS BEBAN KERJA FISIK dan BEBAN KERJA MENTAL DENGAN METODE CARDIOVASCULAR LOAD dan METODE DEFERENCE RESEARCH AGENCY WORKLOAD SCALE PADA DEPARTEMEN PRODUKSI CV. UNICO INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31601900061_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900061_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

CV. Unico Indonesia merupakan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak pada industri briket arang batok kelapa yang banyak dipasarkan di Eropa, yang beralamat di Jalan Raya Karang Manggis, Tampingan, Kec. Boja kab. Kendal, Jawa Tengah. Perusahaan ini sendiri memiliki 45 karyawan yang berada pada departemen produksi, 1 mekanik, dan 4 staff. Beban kerja yang tinggi baik secara fisik maupun mental yang berlebihan berpengaruh terhadap Kesehatan pekerja, oleh karena itu perlu dilakukan pengukuran beban kerja secara fisik maupun mental serta konsumsi energi terhadap pekerja di CV. Unico Indonesia untuk mengetahui apakah pekerjaan yang dilakukan termasuk kategori beban kerja yang aman untuk dilakukan dalam jangka waktu yang lama. Penelitian ini menggunakan pengukuran beban kerja subjektif yang dapat diterapkan adalah metode Cardiovascular Load (CVL) dan metode Deference Research Agency Workload Scale (DRAWS) untuk menganalisis beban kerja fisik dan beban kerja mental yang dialami oleh karyawan guna mengetahui apakah beban kerja yang dirasa oleh karyawan aman untuk jangka panjang atau tidak. Berdasarkan metode DRAWS terhadap 31 orang karyawan CV. Unico indonesia menghasilkan rata-rata sebesar 59,04% dengan 11 orang dari 31 orang mengalami beban kerja mental pada range 60-80% dengan kategori overload. Pekerja yang termasuk dalam kategori terberat yaitu pada bagian mixer dengan nilai DRAWS sebesar 66,36%. Hasil perhitungan beban kerja fisik dengan menggunakan metode Cardiovascular Load menunjukkan bahwa terdapat 23 karyawan yang diperlukan perbaikan yaitu 4 orang pada jenis pekerjaan sortir dan ayak, 4 orang pada pekerjaan giling, 5 orang pada jenis pekerjaan mixer, dan 7 orang pada pekerjaan cetak. Kemudian terdapat 1 orang yaitu Ratemi yang berada pada kerja dalam waktu singkat dan untuk 9 orang lainnya tidak terjadi kelelahan, nilai rata-rata keseluruhan %CVL sebesar 37,79%.. Kata kunci : Beban Kerja Fisik, Beban Kerja Mental, Cardiovascular Load (CLV), Deference Research Agency Workload Scale (DRAWS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:13
Last Modified: 16 Jan 2024 03:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33043

Actions (login required)

View Item View Item