TINJAUAN YURIDIS HAK KONSUMEN ATAS PELAYANAN DAN JASA DI KEDAI BUBUR KACANG HIJAU (BURJO) (Studi Kasus di Kedai King Burjo )

Afriandira, Fauzan Naufal (2023) TINJAUAN YURIDIS HAK KONSUMEN ATAS PELAYANAN DAN JASA DI KEDAI BUBUR KACANG HIJAU (BURJO) (Studi Kasus di Kedai King Burjo ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30301700141_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30301700141_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)

Abstract

Manusia adalah mahluk sosial yang berarti tidak bisa hidup sendiri, atau memiliki ketergantungan terhadap sesama manusia. Dari peristiwa tersebut manusia memiliki ide untuk berdagang atau berusaha. Perlindungan hukum terhadap konsumen pada saat ini tidak dapat dipisahkan dari kegiatan perdagangan. Dalam kegiatan perdagangan ini diharapkan menimbulkan keseimbangan hak dan kewajiban antara pelaku usaha dan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hak konsumen atas pelayanan dan jasa di kedai bubur kacang hijau King Burjo dan untuk mengetahui produk pangan yang disajikan oleh King Burjo telah memenuhi Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. yaitu suatu penelitian dimana penelitian tersebut menekankan pada ilmu hukum serta penelitian lapangan, tetapi disamping itu juga mengaitkan kaidah-kaidah hukum yang berlaku di dalam masyarakat. Spesifikasi penelitian hukum yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran (deskripsi), lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku di tempat tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu hak konsumen atas pelayanan dan jasa di kedai bubur kacang hijau King Burjo yaitu Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengonsumsi barang dan/atau jasa, Hak untuk memilih dan mendapatkan barang dan/atau jasa sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan, Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa, Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan, Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut, Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen, Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif, Hak untuk mendapat kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya sedangkan penerapan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan terhadap Pemenuhan produk pangan yang disajikan oleh King Burjo yaitu mentaati aturan teknis yang diatur dalam undangundang tersebut dengan memproduksi dan menyajikan produk dengan menggunakan bahan-bahan yang berkualitas. Dalam rangka melindungi konsumennya, King Burjo selalu menjaga kualititas, baik kualitas bahan maupun proses pengolahan serta King Burjo berusaha untuk menjaga keamanan produknya, yaitu selalu menjaga kualitas bahan yang digunakan dalam membuat dan menyajikan produk. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam mengkonsumsi produk King Burjo. Kata Kunci : Bubur Kacang Hijau, Hak, Konsumen

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:08
Last Modified: 16 Jan 2024 03:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33037

Actions (login required)

View Item View Item