USULAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BLOC LAYOUT OVERVIEW WITH LAYOUT PLANING (BLOCPLAN) (Studi Kasus: CV. Treewood Abadi Grup)

ANWAR, MUHAMMAD (2023) USULAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE BLOC LAYOUT OVERVIEW WITH LAYOUT PLANING (BLOCPLAN) (Studi Kasus: CV. Treewood Abadi Grup). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31601900047_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900047_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)

Abstract

CV. Treewood Abadi Grup adalah perusahaan industri manufaktur yang bergerak di bidang furniture. Produk utama dari CV.Treewood Abadi Grup adalah kayu lapis (plywood). Dalam proses produksi plywood mulai dari raw material sampai menjadi output terdapat adanya hambatan pada kegiatan produksi. Hal tersebut terjadi karena sistem perancangan tata letak dan fasilitas yang kurang efektif pada proses pemilihan venner menuju proses assembly dikarenakan panjangnya jarak perpindahan material (material handling) yang memiliki jarak 231,26 meter sehingga mengakibatkan mahalnya ongkos material handling. Tidak hanya itu pada proses double saw menuju proses inpeksi memiliki jalur yang sama antar proses pemilihan venner menuju proses assembly yang sering mengakibatkan berpapasannya forklift sehingga menyebabkan salah satunya harus mengalah. Pada permasalahan tersebut mengakibatkan pemborosan waktu. Usulan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melakuakan perbaikan layout menggunakan metode BLOCPLAN. Langkah awal adalah menghitung jarak perpindahan material layout awal, menghitung OMH (Ongkos Material Handling) layout awal, membuat ARC (Activity Relationship Chart) dan membuat layout usulan menggunakan metode BLOCPLAN. Setelah dilakukan pengolahan data didapat bahwa adanya perbandingan antara layout awal dan layout usulan. Hasilnya yaitu dari segi jarak layout awal yang sebelumnya adalah 231,26 meter pada layout usulan menjadi 95,55 meter dan OMH layout awal sebelumnya Rp. 9.325.439,58 per bulan pada layout usulan menjadi Rp. 3.217.748,75 per bulan. Kata Kunci : Layout Plywood, ARC, BLOCPLAN, OMH

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:07
Last Modified: 16 Jan 2024 03:07
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33036

Actions (login required)

View Item View Item