ANALISIS PENGUKURAN DAN PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS PRODUKSI SNACK KRIPIK JAGUNG MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) ( Studi Kasus UMKM PIPIK’S SNACK )

Raffi, Muhamad (2023) ANALISIS PENGUKURAN DAN PERBAIKAN POSTUR KERJA PADA AKTIVITAS PRODUKSI SNACK KRIPIK JAGUNG MENGGUNAKAN METODE RAPID UPPER LIMB ASSESSMENT (RULA) ( Studi Kasus UMKM PIPIK’S SNACK ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31601900046_fullpdf.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900046_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstract

UMKM Pipik’s Snack merupakan home industry yang memproduksi makanan kering, dalam penerapan sistem kerja yang dilakukan kurang memperhatikan kondisi pekerja. Aktivitas pekerjaan yang dilakukan sangat monoton dan dilakukan berulang kali dalam jangka waktu lama yang menimbulkan adanya keluhan musculoskeletal disorder (MSDs). Pada kuisioner nordic body map (NBM) yang digunakan dalam mengindentifikasi keluhan dan menentukan tingkat keluhan pada para pekerja, penelitian ini dilakukan pada 3 proses produksi yaitu yang terdiri dari proses penjemuran, pencampuran bumbu, dan pengemasan dengan jumlah responden adalah 7 orang. Dengan hasil penelitian kuisioner NBM terdapat tingkat risiko tinggi yang ada pada proses pencampuran bumbu. Kemudian dari hasil metode RULA proses penjemuran didapatkan skor 5 yang artinya sedang, proses pencampuran bumbu didapatkan hasil skor 7 yang artinya tinggi, dan pengemasan dengan hasil skor 4 yang artinya rendah. Oleh karena itu pada proses pencampuran bumbu perlu adanya usulan perbaikan yaitu dengan usulan perancangan fasilitas penunjang yaitu meja. Pada usulan alat bantu meja ini menggunakan pengukuran antropometri yang terdapat beberapa dimensi dalam pengukurannya. Dimensi yang digunakan terdiri dari rentangan tangan, jangkauan tangan kedepan, dan tinggi siku berdiri. Hasil antropometri yang didapat dengan panjang 138 cm, lebar 63 cm, dan tinggi 92 cm. Setelah dilakukannya uji coba pada pekerja pencampuran bumbu didapatkan hasil skor akhir perbaikan yaitu 5 yang artinya sedang dengan memerlukan perbaikan beberapa waktu dekat. Kata Kunci : Antrpometri, Postur Kerja, musculoskeletal disorder (MSDs), Rapid Upper LIMB Assessment (RULA),

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2024 03:06
Last Modified: 16 Jan 2024 03:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33035

Actions (login required)

View Item View Item