ANALISIS POSTUR KERJA PROSES PRODUKSI PADA KARYAWAN UMKM PAVING BLOCK MENGGUNAKAN METODE RAPPID UPPER LIMB ASSESSEMENT (RULA) (Studi Kasus : UMKM PAVING SUPRIYANTO)

Winarna, Alfredo Rendy Yoga (2023) ANALISIS POSTUR KERJA PROSES PRODUKSI PADA KARYAWAN UMKM PAVING BLOCK MENGGUNAKAN METODE RAPPID UPPER LIMB ASSESSEMENT (RULA) (Studi Kasus : UMKM PAVING SUPRIYANTO). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31601900011_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
Teknik Industri_31601900011_fullpdf.pdf

Download (7MB)

Abstract

UMKM Paving Supriyanto merupakan home industri milik Bapak Supriyanto yang berdiri sejak tahun 2016. UMKM paving Supriyanto memiliki 3 stasiun kerja yang diantaranya yaitu pengambilan pasir, pencampuran air,pasir,semen, dan proses pencetakan paving. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat risiko cedera pada pekerja dalam stasiun kerja, sehingga dapat diberikan masukan yang berguna untuk kemajuan UMKM. Pengumpulan data dengan melakukan studi lapangan, wawancara dan pembagian kuisioner terhadap karyawan untuk mendapatkan data yang dinginkan. Data tersebut adalah data postur kerja karyawan yang meliputi lengan atas, lengan bawah, pergelangan tangan, leher, punggung dan kaki untuk pengolahan data dengan menggunakan metode Rapid Upper Limb Assessment (RULA) dan kuisioner Nordic Body Map. Pengolahan data yang telah dilakukan dari hasil perhitungan kuesioner NBM terdapat karyawan yang memiliki skor tertinggi yaitu pada ketiga stasiun kerja dengan skor 76 dan 71. Dari skor metode RULA yang memiliki skor tertinggi yaitu pada karyawan yang bernama Sundari dan Suharno dengan skor 7 yang berarti tinggi perlu adanya tindakan sekarang juga. Usulan perbaikan posisi kerja pada ketiga stasiun kerja dengan menyediakan alat bantu untuk mengurangi risiko cedera pada karyawan akibat terlalu lama membungkuk dan jongkok pada saat bekerja, alat yang disarankan adalah sekop pasir, Meja, dan tatakan pencetakan. Kata kunci : Nordic Body Maps, Postur Kerja , RAPID UPPER LIMB ASSEMENT (RULA)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:26
Last Modified: 16 Jan 2024 02:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33032

Actions (login required)

View Item View Item