HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TERHADAP PRAKTIK TAHNIK KURMA PADA BAYI (Studi Observasional Analitik di Wilayah Kerja Puskesmas Talun Kabupaten Pekalongan)

Yuliani, Sherin Natasya (2023) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TERHADAP PRAKTIK TAHNIK KURMA PADA BAYI (Studi Observasional Analitik di Wilayah Kerja Puskesmas Talun Kabupaten Pekalongan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30101900181_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30101900181_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Tahnik kurma merupakan sebuah ritual keagamaan dalam Islam di mana kunyahan buah kurma dioleskan ke langit-langit mulut bayi baru lahir sebagai makanan pertama setelah dilahirkan. Masa neonatal merupakan masa kritis perkembangan sistem kekebalan tubuh manusia. Tahnik kurma memilki banyak manfaat bagi neonatus termasuk perlindungan dari hipoglikemia dan terhadap respon imun. Tingkat pengetahuan dan sikap ibu yang kurang akan mempengaruhi praktik tahnik kurma pada bayi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap ibu terhadap praktik tahnik kurma pada bayi. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan rancangan cross sectional, variable bebas tingkat pengetahuan dan sikap ibu dan variable terikat praktik tahnik kurma pada bayi. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dan besar sampel berjumlah 65 ibu. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada ibu. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya akan dilakukan analisis dengan uji spearman rank. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sebagian besar tingkat pengetahuan ibu yang cukup dan tidak melakukan tahnik kurma yaitu 48%, dan melakukan tahnik kurma yaitu 3% serta didapatkan hasil analisis nilai p value = 0,935 (>0,05). Sedangkan untuk sikap ibu didapatkan sikap yang setuju dan tidak dilakukan tahink kurma yaitu 68% dan dilakukan tahnik kurma yaitu 3% serta didaptakan hasil analisis nilai p value = 0,814 (>0,05). Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara tingkat pengetahuan dan sikap ibu terhadap praktik tahnik kurma pada bayi. Kata kunci : tingkat pengetahuan, sikap, ibu, tahnik kurma, bayi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jan 2024 02:01
Last Modified: 16 Jan 2024 02:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/33020

Actions (login required)

View Item View Item