AKURASI UJI KADAR HORMON TSH DALAM MENDETEKSI PENYAKIT GRAVES Studi Observasional Analitik pada Pasien Gangguan Tiroid di RSI Sultan Agung Semarang

Dewi, Merliany (2023) AKURASI UJI KADAR HORMON TSH DALAM MENDETEKSI PENYAKIT GRAVES Studi Observasional Analitik pada Pasien Gangguan Tiroid di RSI Sultan Agung Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30101900121_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30101900121_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Hipertiroid merupakan kondisi Autoimun yang ditandai dengan hipertiroidisme akibat adanya antibodi yang meningkat mengaktifkan reseptor tirotropin sehingga kelenjar tiroid tumbuh berlebihan dan sintesis hormon tiroid oleh folikel tiroid terjadi peningkatan. Penyebab tersering hipertiroid adalah Penyakit Graves . Pemeriksaan yang digunakan yaitu USG untuk menentukan adanya pembesaran tiroid yang terdapat gambaran khas. Pemeriksaan laboratorium dari hormon tiroid juga penting, salah satunya adalah pemeriksaan kadar hormon TSH. Penelitian ini bertujuan mencari akurasi uji kadar hormon TSH dalam mendeteksi Penyakit Graves. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik berupa uji diagnostik. Penelitian melibatkan 70 orang pasien dengan gangguan tiroid di klinik endokrin RSI Sultan Agung Semarang sebagai subjek atau sampel penelitian. Analisis data menggunakan chi Square dan kurva ROC. Hasil penelitian pada 70 orang sampel dengan gangguan tiroid di Klinik Endokrin RSI Sultan Agung Semarang sebagai sampel penelitian. Hasil chi square p>0,05 sehingga tidak terdapat hubungan bermakna antara uji kadar hormon TSH dan Penyakit Graves. Akurasi kadar hormon TSH dalam mendeteksi Penyakit Graves didapatkan nilai AUC 1 yang artinya sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah nilai uji akurasi kadar hormon TSH dalam mendeteksi Penyakit Gravesangat baik. Uji kadar hormon TSH dapat diterapkan untuk mendeteksi Penyakit Graves. Kata Kunci: Thyroid Stimulating Hormon (TSH), Ultrasonografi (USG), Penyakit Graves.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2024 06:16
Last Modified: 15 Jan 2024 06:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32992

Actions (login required)

View Item View Item