PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT DALAM MENINGKATKAN ORGANIZATIONAL PERFORMANCE YANG DIMEDIASI OLEH JOB SATISFACTION (STUDI KASUS PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK, KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN WONOSOBO)

Prabandari, Aryati (2023) PENGARUH EMPLOYEE ENGAGEMENT DALAM MENINGKATKAN ORGANIZATIONAL PERFORMANCE YANG DIMEDIASI OLEH JOB SATISFACTION (STUDI KASUS PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK, KELUARGA BERENCANA, PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK KABUPATEN WONOSOBO). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20401900045_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20401900045_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)

Abstract

Kebanyakan Pegawai Negeri Sipil (PNS) merasa nyaman dengan posisi yang sudah mereka miliki dan fungsi sebagaimana yang selama ini sudah dijalankan, tanpa keinginan untuk meningkatkan kinerja secara optimal. Kepuasaan para PNS selaku karyawan dalam bekerja justru tidak menimbulkan rasa ingin terlibat lebih dalam dalam pelaksanaan tugas dan fungsi mereka masing-masing. Apabila sudah pun belum semua karyawan melakukan hal tersebut. Agaknya tantangan tentang keterlibatan mereka selalu karyawan dalam kaitannya untuk mewujudkan kinerja organisasi yang optimal belum sepenuhnya bisa diwujudkan. Penelitian ini menganalisis pengaruh menguji dan menganalisis Pengaruh Employee engagement terhadap Organizational performance melalui Job satisfaction. Pada penelitian ini hanya dilakukan penelitian untuk pegawai Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan menggunakan software SmartPLS. Uji PLS atau Partial Least Square merupakan pendekatan persamaan struktrural (Structural Equation Modelling/SEM) berbasis varian. Pendekatan ini digunakan untuk melakukan analisis jalur yang banyak digunakan dalam studi keperilakuan, sehingga PLS menjadi teknik statistik yang digunakan dalam model yang lebih dari satu variabel dependen dan variabel independen. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara variabel employee engagement terhadap job satisfaction. Artinya bahwa semakin terlibat pegawai dalam organisasinya maka akan membuat kepuasan pegawai semakin meningkat. Terdapat pengaruh langsung antara variabel employee engagement terhadap organizational performance, artinya semakin terlibat karyawan dalam organisasinya maka kinerja organisasi menjadi meningkat. Terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara variabel job satisfaction terhadap organizational performance. Artinya semakin puas pegawai maka akan semakin meningkat kinerja organisasi. Terdapat pengaruh tidak langsung antara variabel employee engagement terhadap organizational performance melalui job satisfaction sebagai variabel intervening. Artinya semakin terlibat pegawai dalam organisasinya maka akan membuat pegawai semakin puas yang berdampak pada peningkatan kinerja organisasi Kata Kunci: Employee engagement, Organizational performance melalui job satisfaction

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:40
Last Modified: 15 Jan 2024 02:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32958

Actions (login required)

View Item View Item