ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOME INDUSTRY RAFINA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS (STUDI DESKRIPTIF HOME INDUSTRY RAFINA LUNPIA & SNACK DI KOTA DEMAK)

Nuraini, Rahma Fitri (2023) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN HOME INDUSTRY RAFINA DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS (STUDI DESKRIPTIF HOME INDUSTRY RAFINA LUNPIA & SNACK DI KOTA DEMAK). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900072_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900072_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)

Abstract

Home Industry Rafina merupakan usaha rumahan yang bergerak di bidang makanan ringan khususnya jajanan pasar. Dimana kondisi terbarunya mengalami penurunan pendapatan dikarenakan banyaknya pesaing baru yang membuka usaha atau bisnis yang serupa. Pihaknya mencari jalan keluar bagaimana bisnis agar dapat terus berjalan dengan perbaikan kualitas pelayanan sehingga dapat mempertahankan bisnisnya dari para pesaing yang semakin banyak. Tingginya persaingan membuat home industry Rafina harus mampu mengimbanginya melalu peningkatan daya saing. Maka dari itu, dalam upaya peningkatan persaingan bisnis di bidang makanan, diperlukan perencanaan strategi yang baik untuk kedepannya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi khusus apa yang digunakan serta hambatan apa saja yang dialami home industry Rafina. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan paradigma kontruktivis. Penelitian ini menggunakan teori kredibilitas sumber serta konsep bauran pemasaran 7p. Pengambilan subjek didasarkan pada pengalaman dan pengetahuan mengenai industri ini. Subjek penelitian ini adalah pemilik home industry Rafina beserta karyawannya. Berdasarkan hasil penelitian, bahwasanya home industry Rafina saat ini menerapkan strategi yang utama adalah melalui komunikasi secara langsung (offline) berupa personal selling, sales promotion, word of mouth, serta komunikasi tidak langsung (online) melalui advertising, media sosial seperti instagram, whatsapp, google maps. Serta strategi pendukung yang digunakan yaitu 7p (place, price, promotions, product, process, people, physical evidence). Pembahasan dari penelitian ini menekankan pada penggunaan strategi komunikasi pemasaran yang utama serta menekankan lebih pada kualitas pelayanan yang terbaik dari home industry Rafina kepada para pelanggan agar dapat bertahan ditengah banyaknya pesaing bisnis. Kesimpulannya, strategi komunikasi pemasaran dan kualitas pelayanan saling berkesinambungan satu sama lainnya untuk bertahan ditengah persaingan bisnis. Terciptanya hubungan positif antara penjual dan pelanggan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak. Persaingan bisnis seringkali merupakan cara yang bagus untuk memotivasi para pengusaha serta karyawannya untuk mencapai keunggulan bersaing. Bahkan jika dipertimbangkan lebih jauh, adanya kompetisi yang sehat antar pengusaha justru akan mendatangkan banyak hal baik. Jika para pesaing saling sikut – menyikut untuk menjadi lebih baik, maka pelanggan dapat merasakan manfaatnya, baik dalam bentuk produk maupun pelayanan yang coba diberikan kepada mereka. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Kualitas pelayanan, Persaingan Bisnis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:39
Last Modified: 15 Jan 2024 02:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32957

Actions (login required)

View Item View Item