PENGARUH TERPAAN IKLAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAXIM PADA FAKULTAS BAHASA DAN ILMU KOMUNIKASI UNISSULA SEMARANG

Maulana, Muhammad Haris (2023) PENGARUH TERPAAN IKLAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MAXIM PADA FAKULTAS BAHASA DAN ILMU KOMUNIKASI UNISSULA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900058_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900058_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)

Abstract

Pada dasarnya transportasi online Maxim hadir sebagai solusi dan menjawab akan kebutuhan masyarakat yang membutuhkan transportasi online yang murah, aman, dan tepat waktu. Upaya pemasaran transportasi online tersebut tidak terlepas dari social media marketing seperti iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terpaan iklan maxim dan word of mouth terhadap kepuasan pelanggan pada mahasiswa FBIK Unissula Semarang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Advertising Exposure Process. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivisme. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pengambilan sampel probability sampling kepada 100 responden yang merupakan mahasiswa FBIK Unissula Semarang dari angkatan 2020 – 2022 yang diambil secara random. Uji perhitungan dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Berganda dengan bantuan program aplikasi IBM SPSS untuk menguji data statistik. Hasil uji validitas dalam seluruh item kuesioner yang telah diuji dinyatakan valid karena r hitung > r tabel (0,195); seluruh item juga dinyatakan reliabel dengan hasil uji r hitung > r tabel (0,600). Hasil pengujian hipotesis terpaan iklan menunjukan nilai t hitung sebesar 5,664 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti menerima Ha dan menolak Ho. Word of mouth menunjukan nilai t hitung sebesar 6,107 dengan taraf signifikansi 0,000 yang berarti menerima Ha dan menolak Ho. Jadi artinya uji parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan pengujian hipotesis secara bersama-sama terpaan iklan, word of mouth dan kepuasan pelanggan menunjukan nilai sebesar 24.852 dengan nilai signifikansi 0,000, sehingga penelitian ini diterima yang artinya secara simultan variabel terpaan iklan dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Sementara uji analisis regresi berganda menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel Terpaan Iklan (X1) dan Word Of Mouth (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan Maxim pada Mahasiswa FBIK Unissula Semarang dengan nilai koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,278 dan 0,237 dengan besarnya pengaruh R Square sebesar 0,339 (33,9%) sedangkan sisanya 66,1% dipengaruhi oleh veriabel lain. Kata Kunci: Terpaan Iklan, Word of Mouth, Kepuasan Pelanggan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:37
Last Modified: 15 Jan 2024 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32955

Actions (login required)

View Item View Item