PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI KONTEN YOUTUBE JEDA NULIS SEBAGAI PESAN DAKWAH HABIB HUSEIN JA’FAR (Studi Deskriptif Mahasiswa FAI UNISSULA Semarang)

Djailani, Akhmad Riyanto (2023) PERSEPSI MAHASISWA MENGENAI KONTEN YOUTUBE JEDA NULIS SEBAGAI PESAN DAKWAH HABIB HUSEIN JA’FAR (Studi Deskriptif Mahasiswa FAI UNISSULA Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900011_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900011_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi masih banyaknya remaja bahwa sebagian masih banyak yang belum tertarik akan sebuah literasi mengenai pemahaman tentang spiritual berbau agama, Segmentasi konten dakwah saat ini semakin tergerus dengan maraknya konten-konten yang lebih menghibur. Selain itu kebanyakan konten dakwah dengan pembawaan yang monoton sehingga membosankan dan bersifat one way communication dengan sedikit informasi dengan audiens. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa FAI Universitas Islam Sultan Agung mengenai konten Youtube Jeda Nulis sebagai pesan dakwah Habib Husien Ja’far. Penelitian ini menggunakan paradigma Kontruktivis dengan Metode deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori Persepsi dan Subjek Penelitiannya adalah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Unissula Semarang. Penelitian ini memanfaatkan metode pengumpulan informasi melalui wawancara, dan pengumpulan dokumen. Pendekatan analisis yang digunakan mencakup proses penyederhanaan data, penyajian data, serta konfirmasi data untuk menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa FAI mengenai konten Youtube Jeda Nulis sebagai pesan dakwah Habib Husin Ja’far yang dinilai dari segi komunikasi penyampain pesan dakwah yang menggunakan bahasa yang mudah dipahami, seperti bahasa sehari-hari. Dalam mengemas pesan yang digunakan juga tidak berbelit-belit, menggunakan metode dialog yang bagus, sistematis, tidak monoton, dan pada setiap kontenya menyesuaikan dengan isi dan para audiens yang akan dituju. Penerapan ilmu yang terkandung dalam pesan dakwah Habib Husein Ja’far yaitu pesan syari’ah, aqidah dan akhlak. Adapun yang dapat ditimbulkan dari konten youtube Jeda Nulis memberikan pengaruh dalam bentuk wawasan yang terbuka. Gaya komunikasi menggunakan teknik persuasif yang berarti dapat mempengaruhi orang lain melalui psikologis, rekreatif yaitu menghibur khalayak atau mad’u dengan humor-humor yang segar, dan logos yang berarti meyakinkan khalayak melalui logika. Keterbatasan pada penelitian ini dalam pengumpulan data kurangnya lebih banyak informan agar memberikan data yang lebih valid. Kesimpulan penelitian ini dapat mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai konten YouTube Jeda Nulis sebagai pesan dakwah Habib Husein Ja’far. Kata Kunci : Persepsi, Konten Youtube, Pesan Dakwah, Mahasiswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:35
Last Modified: 15 Jan 2024 02:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32954

Actions (login required)

View Item View Item