ANALISIS KOMUNIKASI AKUN TWITTER @Gerindra DALAM MEMBENTUK CITRA PARTAI DAN MENARIK MINAT MEMILIH GENERASI-Z PADA PEMILU 2024

Amri, Agustin Salsabila (2023) ANALISIS KOMUNIKASI AKUN TWITTER @Gerindra DALAM MEMBENTUK CITRA PARTAI DAN MENARIK MINAT MEMILIH GENERASI-Z PADA PEMILU 2024. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900007_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801900007_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Menuju Pemilu 2024, setiap partai politik mulai gencar mempromosikan kader mereka untuk bisa menarik kepercayaan masyarakat. Hasil survey Wearesosial Hootsuite tahun 2020 menemukan bahwa Gen-Z memegang presentase sebesar 30,3% sebagai pemilih aktif sekaligus pengguna aktif sosial media. Twitter menjadi salah satu media sosial yang digunakan untuk komunikasi partai politik. Berbeda dengan akun partai lainnya, akun dari Partai Gerindra dengan username @gerindra menggunakan bahasa santai dan konten hiburan agar dapat lebih menarik Gen-Z. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi akun Twitter @gerindra dalam membentuk citra partai dan menarik minat memilih Gen-Z pada Pemilu 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif untuk penyelidikan. Penelitian ini menggunakan teori efek hierarki dan paradigma konstruktivis. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa akun Twitter @gerindra melalui komunikasi unik dan keragaman jenis konten (hiburan dan politik) dapat membentuk citra Partai Gerindra yang positif, terlebih tidak pernah ditemukan konten yang mengandung unsur SARA atau konten yang menyinggung pihak lain. Penggunaan bahasa santai, konten meme, dan interaksi antara admin @gerindra dengan followers menimbulkan preferensi Gen-Z terhadap Partai Gerindra sehingga dapat menarik minat memilih Gen-Z pada Pemilu 2024. Tahapan terpaan media melalui Teori Efek Hierarki (awareness, knowledge, liking, preference, dan conviction) pada followers @Gerindra mendapat respon positif dengan perbedaan pengalaman dari masing-masing followers. Partai Gerindra sangat bagus dalam memanfaatkan Twitter sebagai media promosi partai dengan cara menarik untuk membentuk citra partai positif dan menarik minat memilih Gen-Z pada Pemilu 2024. Keterbatasan dalam penelitian ini terutama terkait objek penelitian yang hanya berfokus pada komunikasi melalui Twitter. Diharapkan penelitian selanjutnya untuk fokus terhadap objek yang lebih umum dan membedakan sudut pandangnya. Kata Kunci : Komunikasi, Partai Gerindra, Citra Partai, Minat Memilih, Generasi-Z

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:01
Last Modified: 15 Jan 2024 02:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32950

Actions (login required)

View Item View Item