KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL DI KABUPATEN WONOSOBO

KUSUMAWATI, ALDHIANA (2023) KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PEMBERDAYAAN KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN KERJA SERTA DAMPAKNYA PADA KOMITMEN ORGANISASIONAL DI KABUPATEN WONOSOBO. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20401900044_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20401900044_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Permasalahan “PNS malas kerja” menjadi isu yang menarik dengan banyak faktor yang perlu dikaji. Kemalasan ini ditandai dengan fakta masih banyak ditemui PNS yang tidak mengetahui visi dan misi organisasi dan tidak produktif bekerja. Kemalasan ini ditengarai sebagai rendahnya komitmen organisasial. Banyak faktor yang mempengaruhi kualitas komitmen diantaranya model kepemimpinan, peluang pemberdayaan karyawan dan kepuasan kerja. Bagi pemerintah Kabupaten Wonosobo, komitmen adalah hal mendasar yang berpengaruh pada produktivitas kerja. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana kontribusi kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan karyawan terhadap kepuasan kerja serta dampaknya pada komitmen organisasional di lingkungan pemerintah Kabupaten Wonosobo. Lingkup penelitian ini adalah pejabat struktural dan fungsional di Pemerintah Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode analisis data dengan menggunakan software SmartPLS. Uji PLS atau Partial Least Square merupakan pendekatan persamaan struktrural (Structural Equation Modelling/SEM) berbasis varian yang banyak digunakan dalam studi keperilakuan. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional hanya berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja dan tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasional. Sedangkan pemberdayaan karyawan berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasional. Kepuasan kerja sendiri juga berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen organisasional. Walaupun demikian kepuasan kerja tidak memberikan efek mediasi atas pengaruh kepemimpinan transformasional dan pemberdayaan karyawan terhadap komitmen organisasional. Kata Kunci: Kepemimpinan transformasional, pemberdayaan karyawan, kepuasan kerja, komitmen organisasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2024 02:00
Last Modified: 15 Jan 2024 02:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32949

Actions (login required)

View Item View Item