NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MAKKAH DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PRAKTIK PENDIDIKAN DI MTs NU 10 PENAWAJA PAGERUYUNG, KENDAL, JAWA TENGAH

LUTOIFI, ZAENUL (2023) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATERI DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW PERIODE MAKKAH DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PRAKTIK PENDIDIKAN DI MTs NU 10 PENAWAJA PAGERUYUNG, KENDAL, JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100025_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100025_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Tesis ini membahas nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam materi dakwah Nabi Muhammad Saw pada periode Makkah dan implementasinya terhadap praktik pendidikan di MTs NU 10 Penawaja Pageruyung Kendal. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami nilai-nilai karakter yang terkandung dalam materi dakwah Nabi Muhammad Saw selama periode Makkah dan menganalisis sejauh mana implementasinya terhadap praktik pendidikan di MTs NU 10. Dilatar belakangi oleh situasi pendidikan di Indonesia yang semakin memprihatinkan dan telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan masyarakat. Salah satu krisis yang paling mencolok dalam dunia pendidikan adalah krisis moral atau karakter, yang saat ini menjadi isu yang sangat penting. Prinsip-prinsip karakter ini dapat diterapkan di madrasah dengan mengacu pada ajaran Islam yang berakar dari akhlak Nabi Muhammad Saw. Dakwah Nabi Muhammad Saw periode Makkah merupakan fase dakwah terberat dimana dalam fase ini, Nabi baru mulai diutus sebagai Rasul, dan harus berdakwah terhadap orang-orang Quraisy yang sangat menentang. Nabi Muhammad Saw mengalami penindasan, pengusiran, penyiksaan bahkan hingga akan dibunuh, namun beliau tetap teguh dan patuh terhadap perintah Allah, yakin dengan ke-Esaan Allah dan yakin bahwa Allah pasti melindunginya hingga diperintahkannya Hijrah ke Madinah. Banyak Pelajaran yang dapat diambil dalam kisah tersebut untuk diterapkan dalam praktik pendidikan karakter di sekolah, terutama di MTs NU 10 Penawaja Pageruyung Kendal. Dalam penelitian ini, digunakan pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan investigatif, yang umumnya melibatkan pengumpulan data dengan berinteraksi langsung dan bertatap muka dengan subjek penelitian Dalam penelitian ini, peneliti mengambil nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam peristiwa dakwah Nabi Muhammad Saw periode Makkah yaitu: 1) Kepatuhan, 2) Kebijaksanaan, 3) Empati, 4) Tanggung Jawab, 5) Istiqomah, 6) Kesabaran, 7) Keberanian, 8) Keadilan, 9) Ketulusan. Adapun implementasi praktik pendidikan di MTs NU 10 Penawaja diantaranya : 1) Kurikulum dan kegiatan keagamaan : membaca Asma’ul Husna, tadarus, berdo’a, salah Dhuha dan Dhuhur berjamaah, dll. 2) Metode pembelajaran yang beragam menjadi cara supaya siswa dapat memahami dan menghayati Islam dengan lebih baik, 3) Mengajarkan empati seperti jum’at amal, menjenguk teman sakit, dll, 4) Tanggung jawab terhadap diri sendiri apabila melakukan kesalahan, tanggung jawab mengerjakan tugas, dll terhadap lingkungan, salah satunya dengan piket kelas, 5) Istiqamah : pelaksanaan kegiatan rutin sekolah mulai berangkat hingga pulang, 6) Sabar dalam menuntut ilmu, 7) Berani menyampaikan pendapat, dan melakukan hal benar, 8) Keadilan diterapkan dengan tidak membedakan perlakuan berdasarkan latar belakang atau status social. 9) Siswa diajarkan tulus dalam niat dan Tindakan. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Dakwah Nabi Muhammad Periode Makkah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jan 2024 01:57
Last Modified: 15 Jan 2024 01:57
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32946

Actions (login required)

View Item View Item