EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LAGU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB METODE TAMYIZ DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG

NADA, IZZATIN (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LAGU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB METODE TAMYIZ DI SD ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100012_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502100012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)

Abstract

Pendidikan pada dasarnya merupakan interaksi antara guru dengan siswa untuk mencapai tujuan pendidikan yang berlangsung dalam lingkungan tertentu (Sukmadinata, 2009). Dalam hal ini sekolah sebagai lembaga formal merupakan sarana untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut. Di dalam pendidikan formal, belajar merupakan perubahan yang positif. Sehingga pada akhirnya akan memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang baru. Mempelajari bahasa Arab di kalangan masyarakat masih dianggap sebagai hal yang sulit, khususnya untuk siswa yang masih ada mata pelajaran Bahasa Arab. Hal yang membuat belajar bahasa Arab menjadi sulit adalah karena harus memahami dan menguasai Ilmu Nahwu dan Ilmu Sharaf sebagai prasyarat agar dapat menerjemahkan kata demi kata dalam ayatayat Alquran, dengan mengetahui kedudukan kata tersebut. Proses pembelajaran dalam metode tamyiz umumnya dilakukan dengan menghafal. Salah satu problem yang terjadi dalam pembelajarannya adalah kesulitan dalam menghafal serta penerapan kata. Solusi yang diberikan untuk memudahkan dalam menghafal, penyampaian huruf-huruf dibawakan dengan bentuk musikal. Hal ini terjadi seperti dalam pembelajaran bahasa arab menggunakan metode tamyiz. Metode ini adalah jalan untuk memudahkan belajar (menghafal) sekaligus sebagai salah satu solusi mengatasi masalah belajar yang datang dari kendala bahasa. Kata kuncinya adalah terletak pada pembelajaran dengan metode menghafal dan disampaikan dengan musikal atau multiple intelegence, yaitu belajar dengan menggunakan lagu (Armstrong, 2001). Pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas IV di SD Islam Sultan Agung 4 Semarang berjalan efektif, karena dengan metode tamyiz pendidik dapat menyelesaikan materi pelajaran sesuai dengan waktu yang direncanakan. Hasil pembelajaran siswa mencapai ketuntasan belajar siswa sama dengan atau lebih dari kriteria ketuntasan minimum. Siswa yang berhasil tuntas dalam pembelajaran sesuai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditentukan sekolah mencapai 80 % dari jumlah siswa. Selian itu siswa makin berani tampil di depan kelas. Kata kunci : Metode Tamyiz, Bahasa Arab, Lagu, Penggunaan, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jan 2024 01:56
Last Modified: 13 Jan 2024 01:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32940

Actions (login required)

View Item View Item