PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL MANAGEMENT PADA SISWA MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI MA ROUDLOTUL MUTTAQIN BANDUNGREJO MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2023

KHABIB, AHMAD (2023) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN SELF CONTROL MANAGEMENT PADA SISWA MELALUI BUDAYA RELIGIUS DI MA ROUDLOTUL MUTTAQIN BANDUNGREJO MRANGGEN DEMAK TAHUN AJARAN 2023. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502000021_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502000021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah 1) bagaimana peran guru PAI dalam meningkatkan Self Control Manajement siswa melalui budaya religius di MA Roudlotul Muttaqin Bandungrejo Mranggen Demak; 2) bagaimana perkembangan Self Control manajement siswa di MA Roudlotul Muttaqin Bandungrejo Mranggen Demak; 3) apa faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam meningkatkan Self Control siswa melalui budaya religius di MA Roudlotul Muttaqin Bandungrejo Mranggen Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, desain yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research). Fokus penelitian ini adalah peran guru agama Islam dalam meningkatkan self control management. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi dan teknik analisis data menggunakan langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian (1) peran guru PAI dalam meningkatkan Self Control Manajement siswa melalui budaya religius adalah memberikan nasihat, memberikan motivasi, memberikan pujian dan ganjaran serta memberikan pemahaman akan pentingnya mengontrol diri dari gejolak pengaruh negatif dari dalam diri maupun dari lingkungan. Peran guru PAI dilaksanakan dalam bentuk pembelajaran dikelas, pembiasaan di lingkungan sekolah dan budaya religius seperti berjamaah shalat dhuhur, membaca asmaul husnah. (2) Kemampuan self control manajement siswa pada kondisi baik. Siswa sudah bagus dalam menjalin komunikasi dengan lingkungan sekolah, siswa menunjukkan sikap menghormati, saling menjaga diri dan dapat mengontrol diri untuk tidak menyinggung perasaan satu sama lain, dari hal tersebut siswa cukup bisa mengontrol dirinya untuk tidak melakukan perbuatan yang tidak baik, dan merasa sadar akan setiap perbuatan yang dilakukan dan berusaha untuk memperbaikinya. (3) Faktor pendukung guru PAI dalam meningkatkan Self Control siswa melalui budaya religius dari kepala sekolah, guru, siswa/siswi, dan semua yang terkait didalam instansi sekolah mendukung penuh adanya bimbingan individu siswa di sekolah ini. Penghambat dalam meningkatkan self control siswa disini yaitu, tidak adanya dukungan secara anggaran dari sekolah terkait program-program yang saya jalankan. Karena tanpa dukungan anggaran dari pihak sekolah maka kegiatan-kegiatan yang lain tidak akan berjalan seperti semestinya, pengaruh negatif lingkungan, kurangnya kerja sama antara para guru-guru dengan orang tua, kurang tegas terhadap siswa/i yang tidak mematuhi peraturan sekolah. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Self Control Management, Budaya Religius

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:40
Last Modified: 12 Jan 2024 03:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32930

Actions (login required)

View Item View Item