PENGARUH TEKNIK AUDIT BERBANTUAN KOMPUTER (TABK) TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN PROSEDUR AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Febrianto, Nur Ilham (2023) PENGARUH TEKNIK AUDIT BERBANTUAN KOMPUTER (TABK) TERHADAP KUALITAS AUDIT DENGAN PROSEDUR AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Akuntansi_21402200021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] Text
Magister Akuntansi_21402200021_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kualitas suatu runtutan audit merupakan pokok perhatian yang sangat penting guna menjamin bahwa laporan keuangan dapat di fungsikan sebagai dasar pengambilan keputusan dan dapat dipercaya oleh masyarakat maupun pihak ketiga lainnya. Hal tersebut menjadikan alasan penelitian dengan menarik judul “ Pengaruh Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK) Terhadap Kualitas Audit Dengan Prosedur Audit Sebagai Variabel Moderasi ”. Jenis penelitian kuantitatif memakai data primer dengan kriteria tertentu. Populasi diambil pada auditor yang bekerja di kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Pati beserta kantor Inspektorat Daerah Kabupaten Kudus. Teknis analisis data yang pakai yaitu analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, moderated regression analysis atau MRA, dan uji kebaikan model dengan memperbantukan IBM SPSS 26. Uji asumsi klasik data yang dipakai serta yang di hasilkan berdistribusi normal dan tidak terjadi korelasi, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Moderated Regreesion Analysis (MRA) memperoleh hasil persamaan regresi teknik audit berbantuan komputer dan prosedur audit mempunyai nilai negatif terhadap kualitas audit sedangkan interaksi teknik audit berbantuan komputer dengan prosedur audit mempunyai nilai positif terhadap kualitas audit. Uji F berpengaruh secara simultan. Uji t memperoleh hasil bahwa variabel teknik audit berbantuan computer mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan pada kualitas audit, variabel prosedur audit berpengaruh negatif dan tidak signifikan pada kualitas audit, dan interaksi variabel teknik berbantuan komputer dengan variabel proedur audit berpengaruh positif dan signifikan pada kualitas audit. Uji Validitas menjelaskan bahwasanya sebanyak 25 kuesioner dari 27 kuesioner dinyatakan valid, sementara 2 kuesioner dinyatakan negatif. Uji reliabilitas menyatakan bahwa semua pernyataan di dalam kuesioner variabel TABK, variabel prosedur audit, dan variabel kualitas audit dinyatakan reliabel. Kata kunci : Teknik Audit Berbantuan Komputer (TABK), Prosedur Audit, Kualitas Audit.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:38
Last Modified: 12 Jan 2024 03:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32928

Actions (login required)

View Item View Item