DETERMINAN FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING DENGAN MENGGUNAKAN FRAUD PENTAGON THEORY DAN SUSTAINABILITY REPORT PADA PERUSAHAAN INDEKS KOMPAS 100 (Bursa Efek Indonesia 2018 -2022)

Ermawati, Ermawati (2023) DETERMINAN FRAUDULENT FINANCIAL REPORTING DENGAN MENGGUNAKAN FRAUD PENTAGON THEORY DAN SUSTAINABILITY REPORT PADA PERUSAHAAN INDEKS KOMPAS 100 (Bursa Efek Indonesia 2018 -2022). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Akuntansi_21402200010_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Akuntansi_21402200010_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis fraud pentagon dan sustainability report terhadap fraudulent financial reporting. Teori Fraud pentagon menunjukkan 7 faktor yang mempengaruhi fraudulent financial reporting yaitu tekanan (pressure), peluang (opportunity), rasionalisasi (rationalization), kapabilitas (capability) dan arogansi (arogance), serta sustainalibity report. Populasi yang digunakan dalam perusahaan indeks kompas 100 yang terdaftar di BEI selama periode 2018 – 2022. Metode pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Tekanan (pressure) diproksikan dengan financial target, financial stability dan external pressure, peluang (opportunity) diproksikan dengan ineffective monitoring, rasionalisasi (rationalization) diproksikan dengan pergantian auditor, kapabilitas (capability) diproksikan dengan pergantian direksi, arogansi (arogance) diproksikan dengan frequent number of CEO’S picture . Hasil penelitian membuktikan bahwa financial target, financial stability, external pressure, change in auditor,change in director dan frequent number of CEO’S picture berpengaruh positif dan signifikan terhadap fraudulent financial reporting. Sustainability report tidak berpengaruh terhadap fraudulent financial reporting. Kata Kunci: Fraud Pentagon, pressure, Opportunity, Rationalization, Capability, Arogance dan sustainability report

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 12 Jan 2024 03:24
Last Modified: 12 Jan 2024 03:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32924

Actions (login required)

View Item View Item