MODEL PENINGKATAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR MELALUI LOCUS OF CONTROL, PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN KEPUASAN KERJA

ROCHMAULIDA, KHUSNIATUR (2023) MODEL PENINGKATAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR MELALUI LOCUS OF CONTROL, PERCEIVED ORGANIZATIONAL SUPPORT DAN KEPUASAN KERJA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Manajemen_30401900372_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen_30401900372_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh locus of control dan perceived organizational support terhadap peningkatan organizational citizenship behavior melalui kepuasan kerja. Populasi pada penelitian ini adalah pengemudi ojek online perusahaan Gojek yang berada di Semarang dengan pengambilan sampel sebesar 100 orang serta dalam pengambilan data menggunakan kuesioner yang didistribusikan secara langsung sebagai instrumen penelitian. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan analisis structural equation modeling (SEM) untuk menguji hipotesis dan menguji efek variabel mediasi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa locus of control dan perceived organizational support berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Locus of control dan perceived organizational support juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Kemudian kepuasan kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Dengan ini, maka ditemukan bahwa kepuasan kerja mampu menjadi variabel mediasi antara locus of control terhadap organizational citizenship behavior dan perceived organizational support terhadap organizational citizenship behavior. Kata kunci: locus of control, perceived organizational support, kepuasan kerja dan organizational citizenship behavior.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 Nov 2023 01:36
Last Modified: 08 Nov 2023 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32840

Actions (login required)

View Item View Item