PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SPIRITUAL MELALUI PENGETAHUAN LITERASI KEUANGAN DAN SPIRITUALITAS KERJA PADA JOBLESS COMMUNITY (Studi Kualitatif di Desa Lanji, Kec. Patebon, Kendal)

SHOFIYANI, ITSNA NABIILA (2023) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN SPIRITUAL MELALUI PENGETAHUAN LITERASI KEUANGAN DAN SPIRITUALITAS KERJA PADA JOBLESS COMMUNITY (Studi Kualitatif di Desa Lanji, Kec. Patebon, Kendal). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Manajemen_30401900349_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30401900349_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang membuat masyarakat desa sangat bergantung pada bank keliling. Untuk tujuan penelitian ini juga mengetahui pengetahuan religius masyarakat terhadap pelayanan bank keliling untuk mengetahui pengetahuan literasi keuangan masyarakat Desa Lanji dan juga untuk mengetahui upaya pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh pemerintahan ormas keagamaan untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap Bank Keliling. Berdasarkan keterangan dari 15 narasumber yang ikut dalam wawancara, dapat ditarik kesimpulan bahwa factor-faktor yang membuat masyarakat Desa Lanji sangat bergantung pada Bank Keliling adalah kondisi sosial dan ekonomi yang tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Masyarakat juga memiliki pengetahuan religiusitas terhadap layanan Bank Keliling, dimana mereka mengetahui bahwa hukum utang piutang dengan riba dalam islam adalah haram. Namun, penerapan spiritualitas kerja sebagai nasabah bank keliling belum begitu dipahami oleh responden. Bahwa pemerintah desa dan tokoh agama setempat telah melakukan berbagai upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi ketergantungan terhadap Bank Keliling. Namun, masih diperlukan langkah- langkah lanjutan untuk meningkatkan pengetahuan literasi keuangan dan penerapan spiritualitas kerja sebagai upaya dalam membangun kesadaran finansial masyarakat Desa Lanji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 09 Nov 2023 01:39
Last Modified: 09 Nov 2023 01:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32835

Actions (login required)

View Item View Item