BENTUK DAN TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA (STUDI KASUS : DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN)

ZAHRATUNNISA, ZAHRATUNNISA (2023) BENTUK DAN TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN SEKTOR PARIWISATA (STUDI KASUS : DESA PONGGOK KECAMATAN POLANHARJO KABUPATEN KLATEN). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
31201900056_fullpdf.pdf

Download (7MB)

Abstract

Desa Ponggok menjadi salah satu desa sukses di Indonesia dengan penghasilan yang melimpah. Sekitar tahun 2004, Desa Ponggok masih merupakan desa tertinggal yang bahkan masuk dalam daftar Inpres Desa Tertinggal (IDT) di tahun 2001. Hal itu disebabkan mayoritas penduduknya berkategori miskin, tidak memiliki pekerjaan, serta ketergantungan tinggi terhadap rentenir. Selain itu karena asset serta potensi yang dimiliki belum tergali. Berkembangnya Desa Ponggok di sektor pariwisata didukung oleh adanya peran serta masyarakat sehingga mampu menghasilkan peningkatan perekonomian. Desa ini mampu mengembangkan sumber daya dan kelebihan yang ada dengan maksimal. Potensi air yang tinggi melalui ketersediaan sebaran sumber mata air telah memberi kesempatan Desa Ponggok untuk maju. Terdapat 6 daya tarik wisata yang telah terdaftar di Dinas Pariwisata Kabupaten Klaten yang meliputi Umbul Ponggok, Umbul Besuki, Umbul Sigedang-Kapilaler, Ponggok Ciblon, Bale Tirto, dan Soko Alas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui potensi serta permasalahan, karakteristik masyarakat, serta bentuk dan tingkat partisipasi masyarakat Desa Ponggok dalam pengembangan sektor pariwisata. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan rasionalistik. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa Desa Ponggok memiliki potensi berupa wisata air dengan berbagai atraksi, fasilitas pendukung, akomodasi, hingga layanan pendukung. Namun, terdapat permasalahan terkait aksesibilitas, ketersediaan lahan parkir, ketersediaan transportasi, hingga adanya persaingan antar wisata. Faktor pendukung partisipasi masyarakat meliputi komunikasi, tingkat pendidikan, pekerjaan, usia, dan lama tinggal. Sedangkan faktor penghambat partisipasi meliputi tingkat pendidikan, pekerjaan, dan lama tinggal. Bentuk partisipasi masyarakat Desa Ponggok dalam pengembangan sektor pariwisata didominasi oleh pemikiran, tenaga, dan keterampilan dengan tingkat partisipasi tokenism. Kata Kunci: Partisipasi, Masyarakat, Pengembangan, Pariwisata

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 06 Nov 2023 01:36
Last Modified: 06 Nov 2023 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32744

Actions (login required)

View Item View Item