ANALISIS PERMUKIMAN TRADISIONAL KAMPUNG KAUMAN SEBAGAI KAMPUNG ISLAMI (Studi Kasus: Kawasan Permukiman Tradisional Kampung Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang)

MAHARDHIKA, SUBRATA (2023) ANALISIS PERMUKIMAN TRADISIONAL KAMPUNG KAUMAN SEBAGAI KAMPUNG ISLAMI (Studi Kasus: Kawasan Permukiman Tradisional Kampung Kauman, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
31202100080_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kauman merupakan salah satu cikal bakal pertumbuhan Kota Semarang. Menurut sejarahnya, ketika Ki Ageng Pandan Arang membangun masjid di daerah Pedamaran, para santrinya di tempat tinggalka di daerah yang sekarang dikenal dengan nama Kauman. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisa karakteristik fisik Permukiman Tradisional Kampung Kauman sebagai Kampung Quran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan rasionalistik deduktif. Dari hasil penelitian ini, Kampung Kauman memiliki karakteristik fisik Kampung islami sesuai dengan teori yang ada, yaitu memiliki elemen pembentuk ruang yang berupa path (jalur), edge (tepian), district (kawasan), node (simpul), dan landmark (tengeran). Selain itu Kampung Kauman juga memiliki faktor fungsi dan faktor fisik sebagai kampung islami serta adanya konsep pemukiman Islami yang meliputi Masjid sebagai pusat orientasi, fungsi jaringan jalan pada pemukiman Islami dan penataan ruang dengan prinsip habluminallah dan habluminannas. Berdasarkan ciri – ciri atau karakteristik yang ada tersebut, maka Kampung Kauman memang layak disebut sebagai Kampung islami. Kata Kunci : Kampung, Kauman, Islami, Karakteristik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:46
Last Modified: 03 Nov 2023 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32736

Actions (login required)

View Item View Item