IDENTIFIKASI POTENSI DAN PERMASALAHAN PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (PEL) BERBASIS IKM SUSU SAPI DI DUSUN SINGOLANGU, KELURAHAN SARANGAN, KECAMATAN PLAOSAN, KABUPATEN MAGETAN

Kusuma, Prasetyawan (2023) IDENTIFIKASI POTENSI DAN PERMASALAHAN PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL (PEL) BERBASIS IKM SUSU SAPI DI DUSUN SINGOLANGU, KELURAHAN SARANGAN, KECAMATAN PLAOSAN, KABUPATEN MAGETAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
31202200071_fullpdf.pdf

Download (9MB)

Abstract

Perwujudan Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) diterapkan di Kabupaten Magetan khususnya di Dusun Singolangu, Kelurahan Sarangan yang berlatar belakang dari kegiatan masyarakat memelihara sapi perah. Melalui peran partisipatif antara masyarakat lokal dengan pemerintah daerah, pada tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Magetan menetapkan Dusun Singolangu menjadi kawasan destinasi baru dengan branding Kampung Susu Lawu yang menawarkan edukasi proses pengolahan susu sapi menjadi beberapa produk olahan yang dikelola dalam wadah IKM. IKM Olahan Susu Sapi di Dusun Singolangu Kelurahan Sarangan telah memiliki potensi dan peluang pengembangan yang tinggi, namun demikian kegiatan tersebut belum memiliki orientasi yang jelas dalam lingkup Pengembangan Ekonomi Lokal. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi potensi dan peluang Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) Berbasis IKM Susu Sapi di Dusun Singolangu, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan. Metode digunakan adalah metode deskriptif deduktif kualitatif dengan pendekatan naratif. Pendekatan yang digunakan menitikberatkan pada pengalaman individu dan menuliskannya kembali dalam kronologi naratif. Serta didukung dengan analisis spasial untuk menuangkan hasil dalam bentuk peta dan gambar. Dalam penyusunannya, analisis pengembangan ekonomi lokal (PEL) berdasarkan variabel – variabel penelitian menyatakan sumberdaya lokal menjadi bahan baku utama produk IKM, keberadaan IKM dikelola secara mandiri dan belum diwadahi dalam lembaga formal, permodalan secara mandiri, dan hubungan dengan stakeholder lain difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Magetan. Dari hasil analisis,dapat ditarik kesimpulan IKM berbasis olahan susu sapi di Dusun Singolangu sudah memenuhi variabel PEL namun adanya kendala permodalan bukan karena tidak difasilitasi, melainkan keterbatasan dalam penjualan dan jangkauan pemasaran. Permasalahan tersebut disebabkan packaging dan ketahanan produk masih belum memiliki solusi untuk bisa bertahan dalam pengiriman yang membutuhkan waktu tempuh lama. Kata Kunci: Pengembangan Ekonomi Lokal, IKM, Susu Sapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:46
Last Modified: 03 Nov 2023 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32735

Actions (login required)

View Item View Item