OPTIMALISASI KUALITAS PELAYANAN DAN PENANGANAN KOMPLAIN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA KOSPIN BANGKIT AMPELGADING PEMALANG

WIDYAWATI, IKE (2023) OPTIMALISASI KUALITAS PELAYANAN DAN PENANGANAN KOMPLAIN UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH PADA KOSPIN BANGKIT AMPELGADING PEMALANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Manajemen_30401900142_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30401900142_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Optimalisasi Kualitas Pelayanan dan Penanganan Komplain Untuk Meningkatkan Kepuasan Nasabah Pada KOSPIN Bangkit Ampelgading Pemalang. Perkembangan lembaga koperasi saat ini bisa dibilang cukup memiliki kemajuan yang cukup baik, kemajuan tersebut menjadikan persaingan tidak dapat dihindari. Dalam mempertahankan daya saing, perusahaan membutuhkan kepuasan sebagai tolak ukur dalam mempertahankan bisnisnya. Namun dalam pengamatan ditemukan permasalahan kepuasan yang disebabkan oleh kualitas pelayanan dan penanganan komplain yang belum maksimal. Oleh karena itu dibutuhkan pengoptimalan kualitas pelayanan serta penanganan komplain pada lembaga KOSPIN Bangkit Ampelgading. Sehingga penulis melakukan pengamatan lebih lanjut selama melakukan kegiatan magang dengan jangka enam bulan, namun dalam prosesnya terdapat keterbatasan pengumpulan data dimana penulis hanya mengajukan pertanyaan kepada pihak yang penulis temui seperti halnya penulis hanya mendapat pernyataan 20 nasabah dari 400 lebih jumlah nasabah yang semestinya. Metode yang digunangan dalam penulisan skripsi ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan analisis studi komparatif. Maka tujuan penulisan skripsi ini yaitu untuk melakukan studi komparatif mengenai permasalahan tersebut dan mendapatkan solusi yang tepat bagi perusahaan. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Penanganan Komplain, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 02 Nov 2023 02:13
Last Modified: 02 Nov 2023 02:13
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32722

Actions (login required)

View Item View Item