ANALISIS POTENSI BAHAYA DALAM PELAKSANAAN KSELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN GLAPAN TIMUR, GROBOGAN

Asraffudin, Hafidh and Habib Moh Fadillah R., Habib Moh Fadillah R. (2023) ANALISIS POTENSI BAHAYA DALAM PELAKSANAAN KSELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN GLAPAN TIMUR, GROBOGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[img] Text
30201900099_fullpdf.pdf

Download (7MB)

Abstract

Proses pembangunan Jembatan Glapan timur di Grobogan memiliki risiko kecelakaan kerja yang tinggi, salah satu penyebabnya pekerjaan berlangsung di tempat tinggi, yaitu pada pekerjaan struktur atas Adapun karena struktur bawah yang memerlukan keahlian tinggi dan pemahaman dengan benar. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian tentang kecelakaan potensi bahaya kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi bahaya kecelakaan kerja, tingkatan bahaya mengantisipasi kecelakaan kerja pada proyek Jembatan Glapan Timur, sehingga kecelakaan kerja bisa dikurangi. Data pada penelitian ini didapat melalui penyebaran kuisioner pada pihak yang terlibat pada Proyek Pembangunan Jembatan Glapan Timur Grobogan, yaitu Konsultan Pengawas, Tim HSE, Logistik, Pekerja (Tenaga), Tukang Kayu, Tukang Besi dan Operator Alat Berat. Metode yang digunakan untuk analisis potensi bahaya dan tingkatan bahaya terhadap jenis kecelakaa kerja yaitu menggunaka metode Job Safety Analysis. Data sselanjutnya diolah dengan hasil penelitian menunjukkan, terdapat 5 jenis kecelakaan pada tahap pekerjaan tanah dengan 1 bahaya tingkat risiko rendah dan 4 bahaya tingkat risiko sedang. Terdapat 8 jenis kecelakaan pada tahap pekerjaan struktur bawah dengan 1 bahaya tingkat risiko tinggi dan 7 bahaya tingkat risiko sedang. Terdapat 7 jenis kecelakaan pada tahap pekerjaan struktur atas dengan 1 bahaya tingkat risiko extreme dan 6 bahaya tingkat risiko sedang. Terdapat 3 jenis kecelakaan kerja pada tahap pekerjaan finishing dengan 1 bahaya tingkat risiko tinggi dan 2 bahaya tingkat risiko sedang. Hasil dari penilaian antisipasi pada tahap pekerjaan tanah, tahap pekerjaan struktur bawah, tahap pekerjaan struktur atas, dan tahap pekerjaan finishing mayoritas antisipasi sudah dilakukan dengan nilai rata rata mendekati angka 100 %. Kata Kunci: Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3); Job Safety Analysis; Risiko Bahaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Oct 2023 02:59
Last Modified: 31 Oct 2023 02:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32671

Actions (login required)

View Item View Item