ANALISIS PENGARUH BOTTOM ASH DAN FLY ASH SEBAGAI MATERIAL SUBSTITUSI PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE (AC-WC)

Yunita, Hazlinda Salwa (2023) ANALISIS PENGARUH BOTTOM ASH DAN FLY ASH SEBAGAI MATERIAL SUBSTITUSI PADA CAMPURAN ASPHALT CONCRETE-WEARING COURSE (AC-WC). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
30201900102_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jalan raya penting dalam masyarakat kontemporer, mendorong mobilitas dan pertumbuhan ekonomi. Industri konstruksi jalan raya mencari cara mengurangi dampak lingkungan dengan memanfaatkan limbah industri sebagai material pengganti pada campuran aspal dan beton (AC). Residu industri seperti bottom ash dan fly ash, dari pembakaran batu bara di pembangkit listrik, harus diproses dengan benar untuk mencegah kerusakan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stabilitas dan flow penggunaan AC-WC yang dicampur dengan substitusi bottom ash dan fly ash. serta mendapatkan Rancangan Campuran (JMD) yang sesuai dengan penggunaan bahan substitusi tersebut. Penelitian ini merupakan percobaan laboratorium di mana bottom ash dan fly ash ditambahkan ke dalam beton aspal sebagai bahan tambahan. Penelitian ini menggunakan metode uji Marshall sesuai dengan Spesifikasi Bina Marga 2018 untuk menentukan Kadar Aspal Optimum (KAO) campuran sebesar 5,8%, dengan variasi penggunaan fly ash dan bottom ash sebesar 0%, 30%, dan 50%. Hasil pengamatan terhadap data pengujian menunjukkan bahwa nilai stabilitas tertinggi tercapai dari substitusi bottom ash dan fly ash pada benda uji setelah penambahan bottom ash sebesar 30% dan fly ash sebesar 30%, yaitu sebesar 2742,22 kg. Benda uji dengan nilai flow tertinggi ditemukan pada komposisi abu batu dan bottom ash sebesar 50%, dengan nilai flow sebesar 2,30 mm. Selain itu, didapatkan Rancangan Campuran (JMD) terbaik ada pada kombinasi fly ash 30% + bottom ash 30%. Kata kunci: Bottom ash, Campuran AC-WC, Fly ash, Karakteristik Marshall.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 03 Nov 2023 06:32
Last Modified: 03 Nov 2023 06:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32670

Actions (login required)

View Item View Item