ANALISIS STABILITAS LERENG UNTUK MENGATASI KERAWANAN LONGSOR MENGGUNAKAN METODE FELLENIUS DAN PROGRAM PLAXIS V20 (Studi Kasus : Proyek The Startup Hotel Island Karimunjawa)

Muwaffaq, Muhammad Adib and Arsyadani, Muhammad Hilmi (2023) ANALISIS STABILITAS LERENG UNTUK MENGATASI KERAWANAN LONGSOR MENGGUNAKAN METODE FELLENIUS DAN PROGRAM PLAXIS V20 (Studi Kasus : Proyek The Startup Hotel Island Karimunjawa). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
30201900128_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lereng adalah suatu keadaan tanah yang mempunyai perbedaan ketinggian serta membentuk sudut pada bidang horizontal. Perbedaaan ketinggian permukan tanah dengan gaya potensial gravitasi pada lereng dapat mengakibatkan longsor. Studi kasus yang kita ambil berada di proyek The Statup Hotel Island yang berlokasi di Jl. H Datuk Moh. Amin, Kelurahan Kemujan, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Air pori dalam material yang tidak stabil disebabkan oleh curah hujan tinggi dan perubahan iklim yang drastis sehingga menjadi salah satu penyebab hilangnya kestabilan pada lereng. Dengan mengetahui angka keamanan lereng pada proyek tersebut agar dapat mengantisipasi terjadinya tanah longsor. Dalam penelitian ini dilakukan analisis lereng sebelum dilakukannya pembangunan dan setelah dilakukannya dengan perkuatan tanah sheet pile untuk menghindari kelongsoran tanah di kemudian hari dan merusak bangunan diatas maupun disekitarnya. Tahapan yang dilakukan menggunakan analisis dengan metode Fellenius dan program Plaxis V20. Dari hasil perhitungan yang sudah didapatkan, nilai faktor keamanan lereng pada saat kondisi awal dengan metode Fellenius adalah sebesar 1,42 dan nilai keamanan menggunakan program Plaxis V20 sebesar 1,47. Nilai faktor keamanan lereng setelah diberi perkuatan sheet pile yaitu sebesar 1,566.Disimpulkan bahwa hasil setelah diberi perkuatan menggunakan sheet pile lebih stabil dibandingkan dengan sebelum diberi perkuatan. Hal ini bisa dilihat dari hasil nilai faktor keamanan yang mengalami kenaikan. Kata kunci : Longsor, Lereng, Sheet pile, Fellenius, plaxis V20

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Nov 2023 03:45
Last Modified: 02 Nov 2023 03:45
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32641

Actions (login required)

View Item View Item