REDESAIN STRUKTUR PERKERASAN LENTUR MENGUNAKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 DAN PROGRAM CIRCLY 6.0 (STUDI KASUS JL. RAYA KALIGAWE STA 0+000 – 1+000)

Ismail, Muhammad Pramulya Rizal (2023) REDESAIN STRUKTUR PERKERASAN LENTUR MENGUNAKAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2017 DAN PROGRAM CIRCLY 6.0 (STUDI KASUS JL. RAYA KALIGAWE STA 0+000 – 1+000). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[img] Text
30201900149_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkerasan jalan adalah salah satu komponen penting dalam infrastruktur transportasi yang membutuhkan perencanaan yang cermat untuk memastikan keberlanjutan dan keamanan operasi jalan. Metode manual desain perkerasan jalan 2017 telah lama digunakan sebagai pedoman untuk merancang perkerasan jalan, sementara program circly 6.0 adalah salah satu perangkat lunak yang digunakan untuk analisis dan desain perkerasan jalan secara lebih detail, tujuan penelitian ini adalah membandingkan tebal lapis perkerasan jalan yang efektif dan efesien. Pada penelitian ini dilakukan perhitungan secara manual terlebih dahulu untuk mengetahui nilai besaran yang di rekemendasikan dengan parameter Volume lalu lintas untuk tahun penelitian. Analisis metode manual desain perkersan jalan 2017 secara manual menghasilkan hasil nilai maksimal beban 201 x 106 dengan lapisan perkerasan yang dapat di tentukan, sedangkan pada program circly 6.0 dengan rujukan metode ausrods 2017 dengan hasil maksimal beban dan retak Lelah yang dapat dimaksimalkan ialah 1.37 x 1013 dengan lapisan yang dapat ditentukan sendiri Hasil perencanaan tebal perkerasan dengan umur rencana 20 tahun dengan metode manual desain perkerasan memperoleh LHR 2022 sebesar 201 x 106 CESA dengan tebal perkerasan untuk tiap lapis Surface AC WC 5cm, AC BC 6 cm, AC Base 13 cm, CTB 30cm dan Lapis Pondasi Atas 15cm. sedangkan pada Ausroads 2017 memperoleh LHR 1.37 x 1013 DESA dengan tebal Perkersan untuk lapis surface 17.5 cm, Lapis pondasi atas 15 cm dan lapis pondasi bawah 17.5 cm. Dari hasil kedua metode ini mendapatkan kesimpulan jika beban volume lalu lintas jalan raya kaligawe minimum beban Cesa 201 x 106 dan maksimail beban DESA 1.37 x 1013. Kata Kunci: Manual Desain perkerasan jalan 2017, Ausroads 2017, program circly 6.0, LHR 2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 Oct 2023 06:21
Last Modified: 31 Oct 2023 06:21
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32630

Actions (login required)

View Item View Item