OPTIMALISASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANWIL KEMENTERIAN AGAMA JAWA TENGAH

Mubarok, Dzulva Ahgni (2023) OPTIMALISASI PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (PTSP) TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANWIL KEMENTERIAN AGAMA JAWA TENGAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Manajemen_30401900097_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30401900097_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Optimalisasi Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Terhadap Kepuasan Masyarakat di KANWIL Kementerian Agama Jawa Tengah. Laporan akhir MB-KM ini bertujuan untuk menjelaskan aktivitas pelayanan pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah. Laporan ini juga bertujuan untuk mengetahui permasalahan serta hambatan dalam kegiatan pelayanan yang mempengaruhi kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Untuk memenuhi kebutuhan penelitian, telah dilakukan observasi, dokumentasi dan wawancara selama kegiatan magang di Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Tengah. Berbagai permasalahan telah ditemukan selama menjalankan kegiatan magang hingga pada akhirnya penulis mengangkat permasalahan terkait kurang optimalnya aktivitas Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Permasalahan pelayanan terkait dengan alur pelayanan yang tidak sesuai dengan SOP, kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pelayanan online serta kurangnya kejelasan terkait kepastian waktu sangat menghambat aktivitas pelayanan, sehingga dapat mempengaruhi kepuasan pengguna layanan. Terkait permasalahan tersebut dapat diatasi dengan meningkatkan kedisiplinan kinerja terhadap pegawai serta memberikan sanki terhadap pegawai yang tidak disiplin dalam memberikan pelayanan, instansi juga perlu meningkatkan website pelayanan dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak bingung lagi ketika ingin mengajukan kebutuhan layananya. Kata kunci : Kualitas pelayanan, standar operasional prosedur, kepuasan masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 02 Nov 2023 01:52
Last Modified: 02 Nov 2023 01:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/32617

Actions (login required)

View Item View Item